by

Ketahanan Tubuh Pemuda Maluku Dinilai Lemah

Ambon, BKA- Ketahanan tubuh menjadi salah satu faktor penyebab banyak pemuda Maluku yang gagal pada saat mengikuti seleksi TNI atau Polri. Hal itu diungkap oleh Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury, kepada wartawan di Baileo Rakyat Karpan, Rabu (12/8).

Menurutnya, ketahanan tubuh pemuda Maluku dinilai lemah. Sehingga sangat penting untuk membenahi hal itu, agar kesempatan putra-putri Maluku untuk bergabung dengan TNI maupun Polri, lebih besar.

“Pada pertemuan dengan Pangdam XVI/Pattimura dan juga Kapolda Maluku, mereka mengatakan, salah satu alasan banyak anak-anak Maluku yang tidak lolos test (seleksi) TNI maupun Polisi, karena dari sisi olahraga atau ketahanan tubuh, mereka lemah sekali,” terang Wattimuri.

Salah satu langkah yang akan diambil dalam waktu dekat, katanya, DPRD Maluku melalui Komisi IV akan membicarakan hal itu dengan Dinas Pemuda dan Olahraha (Dispora) maupun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku.

Membicarakan tentang pembinaan generasi muda Maluku, terutama dalam mempersiapkan mereka sebelum masuk dunia kemiliteran, baik TNI maupun Polri.

“Kita akan mengundang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan maupun Dinas Pemuda dan Olahraga, serta mitra- mitra terkait, untuk membicarakan masalah-masalah seperti begini,” jelas Wattimury kepada wartawan, Rabu (12/8) di Baileo Rakyat Karpan.

Selain berniat untuk membicarakan hal itu dengan Dinas Pemuda dan Olahraga maupun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Wattimury juga menyinggung kondisi Stadion Mandala Remaja yang ada di kawasan Karang Panjang (Karpan), Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Menurutnya, kondisi stadion tersebut memperihatinkan. Tidak terawat. Banyak rumput liar yang sudah meninggi di stadion itu. “Saya berapa kali berolahraga disana. Lapangan itu sudah tidak terawat, banyak rumput liar sudah tumbuh meninggi disana,” kesalnya.

Padahal, katanya, untuk meningkatkan ketahanan tubuh pemuda Maluku sebagai suatu investasi, maka diperlukan fasilitas pendukung. Diantaranya, Stadion Mandala Remaja itu sebagai gelanggang olahraga.

“Stadion Mandala Remaja adalah salah satu fasilitas yang sangat bagus untuk mempersiapkan manusia Maluku itu. Tapi sayangnya, kondisinya sekarang ini sudah tidak terawat lagi,” pungkasnya. (RHM)

Comment