by

Ketua KPU MBD dilaporkan ke Polda Metro Jaya

Ambon, BKA- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Jacop Alupati Demny, dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik melalui media elektronik.

Laporan pencemaran nama itu dilayangkan oleh Nikolas Johan kilikily, sesuai Laporan Polisi Nomor: LP/756/II/YAN 2.5/2021/SPKT/PMJ tanggal 09 februari 2021.

Laporan pencemaran nama baik itu dilakukan oleh Nikolas Johan kilikily, karena tidak menerima pernyataan Ketuan KPU MBD tentang adanya ancaman yang dilakukan olehnya.

Untuk diketahui, Nikolas Johan kilikily merupakan salah satu calon Bupati MBD yang berpasangan dengan Desianus Odie Orno, dengan nomor urut 01, yang saat ini melakukan gugatan sengketa Pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK). Saat ini proses persidangan tengah dilakukan.

Sekretaris Tim Pemenangan Pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati kabupaten MBD Nomor urut 01, Kilyon Maularak, mengungkapkan, sebagai salah satu calon bupati pada Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Kabupaten MBD pada 9 Desember lalu, Nikolas Johan Kilikily tidak menerima pernyataan Ketua KPU MBD tentang adanya ancaman yang dilakukan olehnya.

Pernyataan Ketua KPU MBD tentang adanya tindakan ancaman yang dilakukan oleh calon bupati tersebut, disampaikan dalam sidang sengketa Pilkada yang berlangsung pada 8 Februari 2021 lalu.

Berdasarkan jadwal ynag telah ditetapkan MK, terang Kilyon, agenda sidang sesi kedua tersebut digelar untuk mendengarkan keterangan termohon, yakni, KPU MBD, Bawaslu MBD dan pihak terkait lainnya, untuk mengkalrifikasi berbagai dugaan pelanggaran Pilkada.

Namun bukannya menyikapi berbagai dugaan pelanggaran Pilkada yang terjadi di kabupaten itu, Ketua KPU MBD itu justru menyampaikan informasi yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

“Disela sidang kemarin, Ketua KPU MBD menyampaikan kepada para majelis hakim, bahwa calon bupati atas nama Nikolas Johan Kilikily melakukan ancaman terhadap mereka. Namun ketika ditanya tentang bukti atas tindakan ancaman tersebut, Ketua KPU menjawab tidak memiliki bukti sama sekali. Atas pernyataan itulah, maka saudara Jacop Alupati Demny dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat,” tegas Kilyon, saat menghubungi BeritaKota Ambon via handphone, Selasa (9/2).(GEM)

Comment