by

Kinerja Rusdi Ambon Diapresiasi BAPERA

Ambon, BKA- Kinerja Direktur Utama (Ditur) Perusahaan Daerah (PD) Panca Karya, Rusdi Ambon, diapresiasi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Barisan Pemuda Nusantara (BAPERA) Maluku.

Sekertaris DPD BAPERA Maluku, Nikolas Okmemera, mengatakan, sebagai bagian dari unsur masyarakat, BAPERA ingin memastikan kalau kebijakan yang diambil oleh PD Panca Karya sudah berpihak kepada masyarakat atau belum.

“Ini penting, karena apa yang nanti Panca Karya itu lakukan, menurut kami, sejauh mana efeknya untuk kehidupan dan kelangsungan hidup masyarakat secara umum. Berdasarkan hasil pertemuan bersama, langkah awal yang dilakukan oleh pimpinan Panca Karya, dalam hal ini pak Dirut, cukup baik, karena mampu mengelola Panca Karya ini,” ucap Nikolas, Minggu (25/10).

Menurutnya, korbinis PD Panca Karya lebih banyak pada transportasi, baik darat maupun laut. Misalnya, ada sejumlah armada Fery Bis yang mereka kelola.

Tapi pada beberapa tahun terakhir, armada bis yang dikelola PD Panca karya tidak masksimal. Hanya armada laut saja yang berjalan.

Selain mandeknya pengelolaan armada bis, PD Panca karya juga dihadapkan dengan sejumlah masalah, misalnya, korupsi yang mungkin terjadi sejak manajemen kepemimpinan sebelumnya.

“Barangkali tidak mampu untuk membawah perusahaan pelat merah ini ke arah yang lebih baik, untuk bagimana bisa meningkatkan inkam perusahaan secara internal, maupun meningkatan kesehjeraan masyarakat dari sisi kepentingan publik,” tutur mantan Presiden BEM Unpatti periode 2007-2009 ini.

Namun, kata dia, pada kepemimpinan Rusdi Ambon, bebrbagai gebrakan yang dilakukan cukup positif. Pembenahan tata kelolah perusahaan pelat merah daerah ini, berjalan sesuai keinginan Gubernur Maluku, untuk meningkatkan inkam perusahaan.

“Ada beberapa hal yang sudah dilakukan pak Rusdi Ambon, bagimana pengelolaan sejumlah aset daerah yang dialihkan kepada Perusahaan Daerah Panca Karya, seperti, Christian Center, Islamic Center dan Lapangan Merdeka. Kemudian pengelolaan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Sardinella, yang lintasan penyeberangan Hunimua-Waipirit, yang sebelumnya mangkrak di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) saat dalam pengelolaan Pemkab MBD, maka ditarik dan dikelolah oleh Panca Karya,” ujarnya.

Menurutnya, adapun juga yang terbaru, pihaknya sangat menganggap ini salah satu terobosan adalah penujukan pengelolaan KMP Bahtera Nusantara 02 yang akan melintasi penyeberangan Ambon-Banda-Tual pergi pulang (PP) yang dikelolah oleh Panca Karya saat dibahwa kepemimpinan Rusdi Ambon. Ini kalau tidak salah bantuan dari Kementerian Perhubungan atau Dirjen Perhubungan Laut pada saat kunjungan Pak Presiden Jokowi beberapa waktu lalu di Kota Ambon.

“Hal ini untuk mendukung visi Pak Jokowi yaitu Nawacita, salah satunya adalah konektivitas antar laut, karena Maluku sebagai daerah kepulauan tentunya fasilitas transportasi laut itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat Maluku dalam upaya untuk konektivitas antar pulau,” ungkapnya.

Selain itu, Perumda Panca Karya telah melakukan penambahan 2 unit bus sekolah dan 3 bus wisata. Tak hanya itu, dalam kepemimpinan Rusdi Ambon sejak di perusahaan pelat merah ini mampu melakukan pembayaran sejumlah hutang warisan yang ditinggalkan oleh manajemen sebelumnya.

Maka dari itu, pihaknya sangat mengapresiasi kinerja Rusdi Ambon. Selain itu. Dari beberapa poin diatas, pihaknya menilai kinerja Rusdi Ambon di Perumda Panca Karya cukup baik.

“Tentunya kita sejauh ini kita menganggap bahwa kinerja pak Rusdi Ambon sangat baik. Kita harapkan dan kita mendorong kinerja pak Rusdi Ambon kedepannya akan lebih ditingkatkan. Pertama soal upaya untuk bagimana ada penyertaan modal dari DPRD Provinsi yang kurang lebih sekitar Rp 12 miliar, saya kira itu dana penyertaan yang cukup besar dan ini bisa dikelolah oleh Panca Karya dan bagimana bisa diputar agar bisa manghasilkan inkam bagi daerah, karena tujuan utama perusahaan daerah ini adalah bisa membarikan pendapatkan hasil daerah untuk pemerintah provinsi Maluku demi meningkatan ekonomi,” tuturya.

Untuk itu, BAPERA Maluku mendorong agar kedepanya Perumda Panca Karya bisa memberikan pemasukan pendapatan untuk daerah.

“Kedua kita mengharapkan perusahaan daerah Panca Karya ini lebih eksis lagi dalam hal memberikan peran-peran strategis. Tidak hanya soal armada transportasi darat maupun transportasi laut, kita harap lebih ditingkatkan lagi. BAPERA melihat sejauh ini dalam melakukan pembenahan dan tata kelolah di Panca Karya sudah menciptakan hasil yang cukup baik,” pungkasnya. (MSR)

Comment