by

KKN PPM UKIM Berbasis Daring

Ambon BKA- Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) adalah kegiatan perkuliahan dan kerja lapangan yang terintegrasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, untuk mahasiswa melalui pendekatan interdisipliner, komprehensif dan lintas sektoral.

Hal tersebut diungkapkan Asnat Juljana Luturmas, SH. MH. Dosen program studi hukum Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Ambon, kepada media ini, Sabtu (31/10/2020).

Luturmas menjelaskan, di masa pandemi Covid-19, memberi warna berbeda pada pelaksanaan KKN PPM UKIM Semester Ganjil TA 2020/2021, yang dilaksanakan dengan metode pendampingan langsung dan berbasis daring, dan tepat sasaran.

“Salah satu kegiatan KKN PPM telah dilaksanakan dengan memusatkan lokasi kegiatan di Desa Makariki, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah yang berjumlah 6 orang Mahasiswa, yang diketuai oleh Jansen G. Damamain, sekertaris Marly Leipary, bendahara Patrecya F. Paunno, dokumentasi Imanuel Nando Pormes, koordinasi Longginus Batmanlusi, pendalaman materi Yogi Wattimena dan didampingi oleh Instruktur Asnat Juljana Lutumas,” ujar Luturmas.

Kegiatan KKN PPM di Desa Makariki ini, Luturmas menjelaskan dilaksanakan selama 6 Minggu, sejak bulan Oktober sampai dengan November 2020, dengan kegiatan diantaranya, bidang hukum, penyuluhan kebijakan atau aturan pemerintah Kabupaten Maluku Tengah tentang pembatasan berskala dan protokol kesehatan di masa Covid-19.

Kegiatan menempel pada gambar menggunakan rerumputan dari lokasi tinggal yang disediakan oleh Tim KKN-PPM kelompok 19 bagi anak-anak indria (usia 9-5 tahun) guna mengantisipasi pelaksanaan media Daring bagi anak, Kebun Sayur Organik di masa Covid-19 Di Kilo 1 Makariki.

“Harapan kami kegiatan ini dapat membantu masyarakat, bukan saja dari segi kognitife atau pengetahuan, tetapi juga dapat memberdayakan masyarakat agar masyarakat dapat menolong dirinya sendiri dalam berbagai aspek,” papar Luturmas.

Masyarakat Negeri Makariki dan Perangkat Negeri tambahnya sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan yang telah dilakukan mahasiswa dengan bidang keilmuan masing-masing, sehingga semua program terlaksana berkat kerjasama dari Mahasiswa KKN PPM, Instruktur lapangan dengan Pemerintah Negeri Makariki dan Ketua Majelis Jemaat Makariki.

“Pada kesempatan ini juga, kami mengucapkan terima kasih kepada Ketua Majelis Jemaat Makariki Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah beserta perangkat majelis, Pejabat Negeri Makariki beserta seluruh staf dan seluruh masyarakat Negeri Makariki yang telah berpartisipasi dan turut membantu sehingga semua kegiatan dapat terlaksana dengan sangat baik. Ucapan terima kasih kepada Rektor UKIM melalui Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat UKIM yang sudah membantu dalam proses pembiayaan untuk kegiatan-kegiatan yang dilakukan,” demikian Luturmas. (LAM)

Comment