by

KKT Rehabilitasi 110 unit RTLH

Ambon, BKA- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar akan merehabilitasi 110 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pada tahun anggaran 2021.

Jumlah RTLH tersebar di Desa Batu Putih, Kecamatan Wermaktian, serta Desa Abat dan Desa Karatat di Kecamatan Wuarlabobar.
Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Agus Rettob, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar telah penyiapkan anggaran untuk itu.
“Memang tidak besar anggaran yang kita siapkan, karena hanya peningkatan kualitas rumah saja,” terang Rettob.

Rehabilitasi RTLH itu nantinya menggunakan dana yang bersumber dari APBN tahun 2021. “Kita mintakan anggarannya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Targetnya menyelesaikan 110 unit,” jelas Rettob.

Selain merehabiltasi 110 unit RTLH, pihaknya juga telah membangun satu unit rumah susun untuk TNI. Ada juga persiapan pembangunan Kodim di Saumlaki.

Untuk pembangunan Kodim Saumlaki, terangnya, Pemkab Kepulauan Tanimbar sebelumnya kesulitan dengan anggaran. Tapi hal itu sudah diatasi dengan bekerja sama dengan Mabes TNI.

“Setelah dilakukan koordinasi dengan Balai Perumahan, kita dapat kabar baik kalau bisa langsung berkoordinasi dengan Mabes TNI. Mereka punya anggaran, tinggal pemda siapkan lahannya saja,” terangnya.

Retob menambahkan, pada 2021 ini, Pemkab Kepulauan Tanimbar akan berupaya untu menyelesaikan rumah susun bagi ASN yang dibangun di Desa Bomake, yang dikerjakan sejak 2019 lalu.

Rencananya, pengerjaan rumah susun itu diselesaikan pada Juli mendatang. Sehingga mobilernya akan dipasang pada Bulan Agustus.
“Rusun tiga lantai ini, rencananya akan menampung sebagian peserta MTQ yang datang dari 11 kabupaten kota di Maluku,” tandasnya.(BTA)

Comment