by

Klien Bapas Ambon Seleksi Pembimbingan Kemandirian

AMBON-BKA, Usai melewati tahapan pendaftaran dan registrasi, Klien Balai Pemasyarakatan (Bapas) Ambon mengikuti seleksi masuk program pembimbingan kemandirian, Senin (26/7).

Seleksi yang dipusatkan di aula Balai Latihan Kerja (BLK) Maluku, diikuti 20 Klien Bapas Ambon yang telah diregistrasi mengikuti pelaksanaan seleksi yang diselenggarakan dalam sehari dan diawasi Pembimbing Kemasyarakatan bersama petugas BLK Maluku.

Kepala Bapas Ambon, Aminah Kilkoda mengatakan, seleksi itu merupakan salah satu syarat dari mitra kerja, yakni BLK Maluku. Untuk mengetahui kompetensi seluruh calon peserta pembimbingan bidang pertanian/perkebunan.

Baca: Ekonomi Lumpuh, Warga Aru Minta PT. PBR Dibuka

“Seleksi ini memang merupakan syarat utama BLK Maluku. Namun, ada baiknya juga sebelum Klien Bapas mengikuti pembimbingan kemandirian hidroponik. Semuanya diuji dulu kompetensinya masing-masing, apakah menguasai bidang pertanian atau tidak. Dari sini kami bisa mengukur kemampuan masing-masing Klien. Sehingga kedepannya, kami juga bisa menentukan program pembimbingan mana yang baik dan dikuasai Klien Bapas,” terang Aminah, lewat rilisnya kepada koran ini.

Di kesempatan yang sama, Kepala BLK Maluku, As’adiya menambahkan, pelaksanaan seleksi diwajibkan bagi seluruh peserta pembimbingan.

“Tak hanya Klien Bapas, namun untuk seluruh peserta dari kalangan masyarakat. Mereka akan diuji dulu kemampuan masing-masing, yang mana kuasai pertanian/perkebunan, perikanan dan bidang lainnya,’ terangnya.

Dijelaskan, sudah beberapa kali Bapas Ambon melaksanaan pembimbingan bagi klien Bapas. “Kali ini hanya pembimbingan hidroponik, namun tetap harus dilakukan ujian kompetensi bagi calon peserta supaya menjadi tolak ukur bagi kami. Bahkan pihak Bapas mengetahui kemampuan peserta pada masing-masing bidang, baik pertanian atau perkebunan, otomotif, perikanan, maupun bidang lainnya,” urainya.

Rencananya, lanjut As’adiya, program pembimbingan hidroponik dimaksud merupakan konsep budidaya tanaman yang memanfaatkan air tanpa membutuhkan tanah untuk media tanam. Konsep hidroponik mementingkan pemenuhan nutrisi tanaman, agar tanaman dapat hidup dan bertumbuh. (UPE)

Comment