by

KMP Lelemuku Terbakar

KMP Lelemuku yang dikelola PD Panca Karya, terbakar dipelabuhan Feri Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Senin (25/5).

Kebakaran terjadi sekitar pukul 18.00 Wit, yang diduga karena terjadi kosleting listrik pada anjungan kapal.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Dari 24 ABK dan 2 petugas ticket yang ada di kapal itu, hanya satu korban yang dirawat di RSUD PP Margerety.

Memang kebakaran yang terjadi itu membuat panik seluruh ABK kapal, karena tidak ada satu pun yang mengetahui insiden itu.

Saat kebakaran itu terjadi, sebagian besar ABK tengah bersiap untuk mandi malam. “Waktu terjadi kebakaran, saya di kamar mandi sementara mandi. Saya lari keluar kapal tanpa menyelamatkan satu berkas apa pun milik saya,” ujar salah satu ABK kapal tersebut.

Menurutnya, mereka semua berlari kelua kapal saat mendenganr ada teriakan kebakaran. “Kami mendengar teriakan ada kebakaran, maka semua ABK menyelamatkan diri dengan lari keluar dari kapal. KKM Johanis Ririmase karena berada dianjungan, menggunakan tali untuk turun ke bawa. Namun tali yang digunakan putus. Dirinya saat ini sementara dirawat di RSUD PP. Margerety,” lanjutnya.

Sementara itu, Bas 1 KMP Lelemuku, A. Sopacua, mengatakan, dirinya dan seluruh ABK melarikan diri tanpa mengamankan berkas-berkas mereka, berupa ijasa, buku pelaut dan dokumen-dokumen kapal.

“Kami tak sempat mengamankan berkas-berkas dan dokumen kapal,” tandasnya.

Api baru berhasil dijinakan oleh tim pemadam kebakaran KKT, sekitar pukul 22.45 Wit.(BTA)

Comment