by

KMU Gelar Workshop Penulisan Proposal PKM

Ambon, BKA- Guna melahirkan mahasiswa yang kreatif dan inovatif, Universitas Darussalam (Unidar) Ambon lewat Kreativitas Mahasiswa Unidar (KMU) melaksanakan workshop Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), di gedung Merah lantai 4 Unidar, Selasa (22/12).

Kegiatan tersebut menghadirkan 2 narasumber, yakni Wakil Dekan Fakultas Pertanian Unidar, Dr. Tekat Dwi Cahyono dan Koordinator PKM Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Soni Trison. Dengan peserta sebanyak 120 mahasiswa dari Unidar maupun IAIN, Unpatti serta Politeknik Negeri Ambon.

Dalam laporannya, Ketua Panitia, Nurabia Tuasikal mengatakan, workshop yang dilakukan untuk menumbuhkan ide dan gagasan kreatif mahasiswa. Agar kedepan Unidar mampu melahirkan mahasiswa yang kreatif dan inovatif, serta mampu bersaing dalam berbagai bidang pendidikan, khususnya dalam bidang PKM. Agar bisa turut serta dalam Pekan Imiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

“Salah satu upaya tumbuhkan ide kreatif mahasiswa, maka PKM harus terus dikembangkan dengan berbagai bidang yang ada. Diantaranya bidang penelitian, kewirausahan, pengabdian masyarakat, perlatan teknologi, karsa cipta, gagasan tertulis, artikel ilmiah, dan gagasan holistik konstruktif. Karena itu, lewat workshop ini diharapkan dapat membentuk mahasiswa untuk berkontribsui dalam pembangunan pendidikan, serta terpenting dapat terlibat dalam PIMNAS,” pesan Tuasikal.

Harapan yang sama juga disampaikan Ketua KMU, Abdul Malik Pawae. Menurut dia, lewat kegiatan tersebut, dapat menggali kreativitas mahasiswa untuk memberikan yang terbaik bagi diri sendiri dan juga Unidar secara institusi.

“Atas nama KMU, kami berharap workshop ini dapat mengaktifkan kreatifitas untuk berperan penting. Bukan saja untuk mengkritik, tapi bagaimana dapat memberikan yang terbaik bagi universitas lewat kreatifivitas dan karya kita,” harap Pawae.

Sementara itu, Rektor Unidar, Dr. Muhammad Riyadh Uluputty, saat membuka kegiatan workshop, memberikan apresiasi kepada KMU. Karena mampu mendesain kegiatan yang dapat memberikan dampak secara luas. Bukan saja kepada mahasiswa secara individu, tapi secara kelembagaan dalam upaya memperbaiki akreditasi kampus, maupun fakultas, jurusan dan program studi di kampus yang dimpimpinnya itu.

“Sebagai pimpinan Universitas, saya sangat mengapresisasi kegiatan workshop yang dilakukan KMU. Dengan kegiatan ini, dapat memberikan dampak luas bagi kita semua. Jika kegiatan ini dimanfaatkan dengan baik, akan memberikan nilai baik serta unggul. Itu sebabnya, menurut saya, kegiatan ini sangat strategis untuk memulai membangun nilai dan karakter,” ujarnya.

Dikatakan, pada saatnya nanti selesai sarjana, mahasiswa dapat langsung memperoleh pekerjaan atau membukan lapangan pekerjaan yang baru. “Dengan karakter, kreativitas dan inovasi yang dimiliki, para mahasiswa dapat membawa dampak bagi proses akreditasi kampus maupun prodi, dimana saudara-saudari kuliah,” ungkap Uluputty.

Dirinya berharap, para peserta workshop dapat mengikuti setiap materi dengan serius. Karena berkesempatan belajar bersama narasumber yang berkualitas dalam bidang penelitian. Untuk selanjutnya dapat dimanfaatkan dalam upaya pengembangan kreativitas di bidang PKM

“Diharapkan, kegiatan ini dapat memberikan spirit dan motivasi untuk dapat mengimplementasikan kreativitas. Tidak saja ditempat ini, tapi diharapkan terus dikembangkan hingga terseleksi dalam PIMNAS. Apa yang menjadi unggulan daerah, kampus, bahkan secara individu, silahkan dimanfaatkan,” harapnya.

“Jika keunggulan itu dimanfaatkan secara baik, akan membawa manfaat sangat besar. Semoga dengan kegiatan ini, dapat memberikan hal-hal yang saudara bisa kreasikan dan inovasikan demi kemajuan bangsa dan negara, khususnya untuk kemajuan daerah,” lanjut dia. (LAM)

Comment