by

KNPI Desak Bappeda Fokus Bangun Kilmury

Amvon, BKA- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), mendesak Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) untuk tetap fokus pada pembangunan Kecamatan Kilmury.

Desakan tersebut disampaikan Ketua DPD KNPI SBT, Rusdy Rumata, pada pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten SBT tahun 2022.

Dia berharap, hasil Musrembang RKPD SBT 2022 dapat tetap difokuskan pada pembangunan Kecamatan Kilmury, yang sampai saat ini masih jauh tertinggal dan terisolasi dari Kecamatan lain di Kabupaten SBT.

“Baik dari segi infrastruktur jalan, PLN, jemabatan, telekomunikasi, kesehatan, dermaga dan lainya sebagainya, masih sangat tertinggal. Saya harapkan dalam forum Musrenbang RKPD tahun 2022 ini, Bappeda SBT harus memperhatiakan Kecamatan Kilmury,” ucap Rusdy.

Kejadian bebepara waktu lalu di Kecamatan Kilmury tentang pasien sakit yang diantar ke Puskesmas menggunakan gerobak, katanya, harus menjadi pukulan terakhir dari masyarakat setempat kepada Pemda SBT.
“Kecamatan Kilmury harus diperhatiakan. Jangan biarkan kondisi seperti itu terulang kembali,” ujarnya.

Yang paling penting untuk diperhatikan Pemkab SBT di Kecamatan Kilmury, katanya, yakni fasilitas kesehatan. Paling tidak, Dinas Kesehatan SBT harus membangun Posyandu di tiap desa, agar warga yang sakit bisa dilarikan ke Posyandu terdekat untuk mendapat pertolongan medis.

“Satu Desa harus satu Posyandu. Sebab di sana (Kilmury) ada dua Puskesmas, tapi jarak tempuhnya sangat jauh antar desa,” paparnya.

Hal senada disampaikan Camat Kilmury, Abdul Gafar Rumanama. Dia berharap, pada Musrenbang RKPD 2022 itu menghasilkan sesuatu yang dapat membuka keterisolasian antar desa disana.

Menurutnya, masyarakat Kilmury sangat meridukan jalan lintas antar desa maupaun kabupaten. “Atas nama masyarakat Kecamatan Kimury, saya berharap, semoga jalan yang dijanjikan dapat dikerjakan, biar kami bisa menikmati,” kata Rumanama.

Manurut Camat, sesuai hasil Musrenbang tingkat kecamatan beberapa waktu lalu, perwakilan dari tiap desa hanya mengusulkan agar secepatnya ada jalan lintas dari Kota Baru ke Air Nanang dapat dikerjakan. Serta jalan dari Hunimua ke Kilmury dapat ditunaikan oleh Pemda SBT. (SOF).

Comment