by

Kodim 1510/Sula Bentuk Dua Koramil Baru

Ambon, BKA- Mengingat luas wilayah yang menjadi tanggung jawabnya di tahun 2021 ini, Komando Distrik Militer (Kodim) 1510/Sula merencanakan pembentukan dua Komando Rayon Militer (Koramil) baru di wilayah Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara. Yakni Koramil Fuata dan Koramil Kabau.

Kabupaten Kepulauan Sula merupakan salah satu kabupaten yang terletak di wilayah paling Selatan di wilayah Provinsi Maluku Utara, dengan ibukota Sanana. Luas wilayah daratan Kabupaten Kepulauan Sula seluas 13.732,7 Km2.

Kabupaten ini terdiri dari 2 pulau besar, yakni Pulau Sulabesi, dan Pulau Mangole, serta terdiri dari 17 pulau sedang dan kecil. Yang yang secara keseluruhan terbagi menjadi 12 wilayah kecamatan, terdiri dari 6 kecamatan definitif dan 13 Kecamatan pemekaran (Perda Nomor 2 tahun 2006) dan 124 Desa.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 1510/Sula, Letkol Inf Try Yudianto mengatakan, pembentukan Koramil Fuata dan Koramil Kabau di Kabupaten Kepulauan Sula, merupakan rencana sementara (renstra) TNI-AD. Yang mana Kodim 1510/Sula merupakan Kodim baru dan baru diperkuat 3 Koramil, yaitu Koramil Sanana, Koramil Dofa dan Koramil Bobong sehingga diperlukan 2 koramil baru.

“Karena baru tiga jadi Kodim 1510/Sula berencana akan membentuk dua Koramil baru, yaitu Koramil Fuata dan Koramil Kabau. Karena sesuai prototipe Kodim berdasarkan TNI-AD, minimal satuan setingkat Kodim harus diperkuat minimal 3 hingga 5 Koramil atau lebih sesuai luas wilayah Kodim tersebut,” ujar Dandim, lewat rilisnya kepada koran ini, Kamis (15/4).

Ia menambahkan, dalam pembentukan dua koramil tersebut masih ditemukan sejumlah kendala. Salah satunya dana pembangunan sarana dan prasarana. Dan untuk rencana awal pembangunan 2 koramil tersebut dibebankan kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula. Tetapi belum berjalan, karena terkendala dalam penganggarannya. Dan hal ini masih dalam proses serta sedang diusahakan dan dikoordinasikan oleh Kodim dan Pemda setempat.

Untuk masalah lahan sendiri, sambung Dandim, tidak mengalami kendala. Karena masyarakat Fuata maupun Kabau telah menghibahkan lahan mereka secara sukarela untuk pembangunan 2 Koramil tersebut, yang telah dituangkan dalam Berita Acara Serah Terima (BAST) hibah lahan ke Kodim 1510/Sula.

“Saya selaku Dandim 1510/Sula berharap, dengan adanya 2 koramil baru tersebut dapat membantu tugas pokok Kodim sebagai satuan teritorial dan membantu akselerasi pembangunan di daerah sekitarnya, khususnya dan di Kabupaten Kepulauan Sula pada umumnya,” tegasnya.

Masyarakat kedua desa, lanjutnya, juga sangat mengharapkan untuk pembangunan Kantor Koramil agar dipercepat pembuatannya. Supaya masyarakat tidak kesulitan dalam koordinasi dengan Danramil maupun para Babinsa.

“Jika berhasil menambah dua Koramil baru tersebut, maka jumlah Koramil di Kabupaten Kepulauan Sula menjadi 5. Dan dengan demikian sudah memenuhi syarat,” tutupnya. (Pendam16)

Comment