by

Kodim Ambon Gelar Binsiap Apwil Puanter

AMBON-BKA, Untuk meningkatkan kualitas prajurit, Kodim 1504/Ambon gelar Pembinaan Kesiapan Aparat Komando Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apkowil Puanter) triwulan II tahun 2021, di aula Makodim 1504/Ambon, Selasa (27/7).

Dandim 1504/Ambon Kolonel Inf Dominggus C.A. Soumokil, dalam sambutannya menyampaikan, sebagai aparat kewilayahan Apwil diharapkan mampu meningkatkan kemampuan kerja. Baik komunikasi sosial (komsos) maupun pembinaan di wilayah.

Baca: Babinsa Bantu PLN Pembersihan Jaringan Listrik

Kegiatan ini, lanjut dia, sebagai barometer bagi pihaknya selaku aparat kewilayahan. Mulai dari Danramil sampai dengan Babinsa, guna menunjang tugas pokok Kodim 1504/Ambon. Dengan tujuan, sebagai bekal tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui kegiatan metode Binter di lapangan, sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja.

“Kita mesti memegang teguh 5 kemampuan teritorial, komsos dengan aparat pemerintahan (Appem) dan komsos dengan komponen masyarakat (kommas),” ungkap Dandim, lewat rilisnya kepada Koran ini.

Ditambahkan, setiap babinsa harus mempunyai data peta jarak, supaya dapat melaksanakan tugas dengan baik. “Yang lebih penting lagi, kita harus menjaga piring nasi supaya jangan sampai pecah. Jaga kesehatan dan tetap semangat dalam menjalani tugas sehari-hari,” terangnya.

Dirinya juga menegaskan, ada beberapa penekanan kepada para peserta untuk dijadikan pedoman dalam bertugas. Diantaranya meningkatkan dan pelihara kesiapan sebagai aparat wilayah.

“Selain itu memantapkan kemampuan teritorial, meningkatkan kemampuan pemberian laporan kepada Komando atas. Agar dapat ditindaklanjuti serta mempelajari kembali materi-materi lima kemampuan teritorial, sikap teritorial dan metode pembinaan territorial,” pesannya.

Baca: Klien Bapas Ambon Seleksi Pembimbingan Kemandirian

Turut hadir dalam kegiatan yaitu Kasdim 1504/Ambon, Pabung, Para Pasidim, Para Danramil dan para Babinsa.

Adapun materi dan pemateri yang diberikan dalam kegiatan tersebut. Diantaranya materi materi Sikap Ter disampaikan oleh Kapten Inf Sudarsono Danramil 1504-02/Sirimau dan materi Lima Kemampuan Ter disampaikan oleh Letda Inf M. Jen Anjarang Danramil 1504-04/Salahutu. (SAD)

Comment