by

Kolaborasi Pentahelix Dinilai Bantu Cegah Corona

Ambon, BKA- Untuk membasmi penyebaran Covid-19, kolaborasi pentahelix yang didalamnya meliputi pemerintah, media massa, dunia usaha, akademisi hingga masyarakat sebagai episentrum sangat dibutuhkan. Hal ini ditegaskan, Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, A. G. Latuheru kepada wartawan, Selasa (16/2).

Menurutnya, dengan kerja sama pentahelix, sangat cepat membawa Ambon keluar dari zona orange, kuning atau bahkan zona hijau penyebaran Covid-19. Hanya saja, kata dia, jika hanya salah satu unsur yang bekerja, maka upaya untuk memutuskan mata rantai Covid-19 tidak akan membuahkan hasil.

“Jika empat elemen (pemerintah, dunia usaha, media massa, akademisi) telah berkolaborasi dengan baik, namun elemen masyarakat masih masa bodoh, ini namanya percuma saja kan,” tandas Latuheru.

Ia berharap, sinergitas semua pihak dalam memberantas penyebaran Covid-19 di Kota Ambon, tetap terjaga. Dan penerapan protokol kesehatan (Prokes), juga menjadi satu hal yang tidak boleh diabaikan.

“Kalau lima elemen yang disebut pentahelix ini dapat berkolaborasi dengan baik, otomatis kita punya peluang besar terbebas dari Corona. Ditambah lagi, dengan kesadaran terhadap Prokes ketika berada diluar rumah,” sebutnya.

Latuheru menyebutkan, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Ambon, tidak akan pernah lelah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan lewat operasi yustisi.

“Doa dan kerjasama dari masyarakat sangat kami butuhkan. Jika warga semakin hari terus meningkatkan kesadaran dalam menerapkan Prokes, sudah barang tentu target untuk beranjak dari zona orange ke kuning dapat kita capai secepatnya,” pungkas Latuheru. (IAN)

Comment