by

Komisi IV Dorong Percepatan Empat Ranperda

beritakotaambon.com – Komisi IV DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat koordinasi bersama Biro Hukum Setda Maluku dan OPD terkait, membahas percepatan empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda), Rabu (8/9).

Kempat Ranperda tersebut, yakni, Ranperda terkait penyelenggaraan ketenagakerjaan, penyelenggara olahraga, pelayanan ibadah haji, serta pembangunan kepemudaan.

Rakor itu dipimpin Ketua Komisi IV, Samson Atapary, di ruang Komisi IV, yang dihadiri Kadis ESDM Maluku Fauzan Chatib, Kadis Pemuda dan Olahraga Maluku Sandi Wattimena, Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Maluku, Ny. Alwiyah F. Alaydrus, serta Karo Kesra Setda Maluku Muhammad Adji.

“Ya, tadi kita rakor dengan pemerintah daerah (pemda), untuk pembahasan empat Ranperda. Salah satunya percepatan Ranperda tentang Rancangan Umum Energi Daerah (RUED) pada Dinas ESDM menjadi Perda,” ungkap Atapary, kepada BeritaKota Ambon.

Baca juga: DKP Diminta Atasi Limbah Kapal Andon

Empat Ranperda tersebut, kata Atapary, telah ditetapkan dalam program legislasi daerah (Prolegda) tahun 2021, yang menjadi Ranperda usulan Pemda Maluku maupun inisiatif legislatif.

Pada rakor itu, kata Atapary, telah memperoleh kesimpulan, agar keempat Ranperda tersebut dapat secepatnya diselesaikan. Sebelum akhir tahun anggaran 2021.

Untuk itu, lanjutnya, Pemerintah Provinsi Maluku diminta agar segera menyampaikan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) secara tertulis, sebelum 19 September. Sehingga Komisi IV dapat melakukan pembahasan secara bersama.

“Kaitan dengan Ranperda inisiatif DPRD, begitu juga dengan Ranperda usulan Pemda, Kita DPRD juga sudah harus selesaikan DIM-nya sebelum tanggal 19 September. Sehingga DIM yang disusun secara tertulis, Komisi dapat melakukan pendalaman dan pembahasan, sampai akhirnya nanti dikonsultasikan dengan Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham), sebelum akhirnya difasilitasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” tandasnya.(RHM)

Comment