by

Komisi IV Tidak Tahu Jumlah Atlit PON

beritakotaambon.com – Persiapan yang dilakukan KONI Maluku untuk menuju PON Ke-XX di Papua, telah mencapai 90 persen.

Namun Komisi IV DPRD Provinsi Maluku merasa kecewa, karena sampai sekarang belum juga menerima data jumlah atlit Maluku yang akan diterjunkan pada sejumlah cabang olahraga yang dipertandingkan di PON XX nanti.

“Seluruh informasi terkait data, itu harus kita peroleh. Kita tidak boleh omong-omong saja, karena DPRD punya hak untuk mendapat data itu. Dan Komisi IV sebagai mitra, seharusnya memiliki data perkembangan seperti itu, cabor maupun jumlah atlit. Kita sampai hari ini, tidak punya data apa-apa,” ungkap anggota Komisi IV, Hengky Pelatta, Selasa(24/8).

Menurutnya, bagaiamana DPRD bisa melakukan tugas pengawasan terhadap langkah KONI melakukan persiapan, kalau komisi sendiri juga tidak mengantongi data atlit dan cabor.

Dia berharap, KONI Maluku bisa legowo dan tidak menutupi, untuk segera bisa memberikan semua data terkait dengan jumlah atlit dan cabor yang akan diberangkatkan ke PON Papua.

Baca juga:
SPBU Dinilai Penyebab Kemacetan

“Maaf ya, kalau memang KONI sudah memaparkan perkembangannya, tapi kalau bisa dokumennya bisa diberikan kepada kita juga, begitupun jenis-jenis cabor, seperti apa yang telah disampaikan KONI dalam rapat dengan komisi kemarin,” ujarnya.

Menurut Pelatta, semua data jumlah atlit dan cabor tersebut sangat diperlukan. Karena semua kegiatan KONI tidak luput dari keikutsertaan atau campur tangan pemerintah dalam distribusi anggaran, karena DPRD akan memasukan dalam anggaran LPJ tahun 2021.

Selain itu, lanjutnya, DPRD juga akan meminta klarifikasi terhadap penggunaan anggaran yang disiapkan dalam menghadapi PON.

“Kami pun sebagai Komisi IV sering dikritisi oleh situasi-situasi dan perkembangan yang terjadi dalam persiapan KONI menuju PON, termasuk salah kasus makan atlit. Sehingga jika kesejahteraan atlit tidak diprioritaskan, maka saya yakin Maluku tidak mungkin raih prestasi,” tutup Pelatta.(RHM)

Comment