by

Korem 151/Binaiya Gelar Penanaman Pohon

Ambon, BKA- Korem 151/Binaiya menggelar Kegiatan Pembinaan Lingkungan Hidup dengan melaksanakan kegiatan penghijauan penanaman pohon, yang bertempat di Lingkungan Hutan Weselmov Soa Westopong Negeri Amahusu Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon (21/11).

Dengan mengusung tema “Bersama Lestarikan Bumi Indonesia Demi Masa Depan Generasi Penerus Bangsa”. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan dan memelihara lingkungan hidup yang sehat dan lestari.

Terlaksananya Kegiatan tersebut atas Kerjasama dari Korem 151/Binaiya dan Seksi Lingkungan Hidup Jemaat GPM Imanuel Amahusu Serta Komunitas LEBEBAE Negeri Amahusu.
Dalam arahannya, Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnol A.P. Ritiauw mengatakan, pagi kemarin Korem Binaiya melaksanakan penanaman pohon yang direncanakan sebanyak 1000 pohon. Yakni penanaman pohon tersebut merupakan waktu yang tepat untuk melakukan penanaman pohon dalam memperingati hari Pohon Sedunia.

“Harapan Saya, penanaman pohon ini bukan sekedar seremonial, terus habis itu selesai. Penanaman pohon ini adalah suatu kewajiban sebenarnya, bagi seorang manusia. Karena dengan pohon inilah yang akan menghasilkan oksigen dan akan melanjutkan kehidupan di muka bumi ini. Sekalian kita mendidik anak-anak kita untuk mencintai alam ini, kemudian menjaganya. Jadi kalaupun sudah ditanam itu jangan ditebang,” pesan Danrem.

“Saya selalu memberikan arahan kepada Dandim dan Danramil dalam membuka apapun kegiatan itu, jangan sampai menebang pohon. Karena kalau ditebang pohon ini tidak butuh lama, paling 5 menit sampai 10 menit pohon itu sudah tumbang. Tapi pohon ini tumbuh sampai sebesar ini butuh tahunan. Jadi merusak itu lebih cepat dibandingkan kita menanamnya,” imbuhnya.

Jenderal bintang satu itu melanjutkan, dalam rangka pelestarian lingkungan beberapa hari lalu berlokasi di Kairatu, Kabupaten SBB, telah dilakukan penanam 500 pohon. Dan kemarin, Korem Binaiya kembali menanam 1.000 pohon dan kalau bisa terus-menerus jangan sampai berhenti.

“Ada satu istilah dari Kepala BNPB pusat Pak Doni Monardo begini. Kalau kita jaga alam maka alam akan menjaga kita. Beliau dengan program emas biru bahkan sekarang sampai se Indonesia, karena kemarin yang kami kirim ada 95.000 ribu pohon Palaka. Pohon palaka adalah pohon asli dari Maluku, tapi yang mengembangkan ini beliau, Pak Doni Munardo membudidayakan pohon Palaka itu sampai puluhan ribu dan ratusan ribu. Serta diberikan kepada provinsi-provinsi lain yang ada di indonesia,” tutup Danrem. (PEN 151)

Comment