by

KP2KP Bula Gelar Pajak Bertutur

beritakotaambon.com – Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), gelar kegiatan pajak bertutur bagi siswa dan siswi SMP 4 SBT. Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIT ini, bertemakan “Generasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara, Rabu (25/8).

Kegiatan dengan tagline “Sehari Mengenal, Selamanya Bangga”, itu dibuka langsung oleh kepala sekolah SMPN 4 SBT, Alwi Al Mahdali, didampingi Kepala KP2KP Bula, Hamid Tianlean beserta stafnya.

Alwi, dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi yang tinggi, kepada pihak KP2KP Bula, yang telah memilih SMPN 4 SBT sebagai lokasi penyelenggaraan kegiatan Pajak Bertutur tahun 2021. Dengan harapan, kegiatan seperti ini lebih diintensifkan lagi pada masa-masa yang akan datang. Agar siswa-siswi saat ini bisa mengenal lebih dalam tentang manfaat pajak bagi pembangunan negara.

“Kegiatan pajak bertutur ini sangat penting, karena siswa-siswi sebagai generasi muda harus mengetahui betapa penting pajak untuk negara,” ucap Alwi, dalam sambutannya, di aula SMPN 4 SBT, Rabu (25/8).

Baca juga: Tanimbar Dijatahi 40 Unit Jaringan 4G

“Kegiatan pajak bertutur ini selain diberikan materi perpajakan, juga dilaksanakan lomba baca puisi yang diikuti siswa-siswi SMPN 4 SBT berjumlah 30 orang. Dan tiga siswa akan ditetapkan sebagai juara I, II dan III oleh dewan juri, dan mendapat hadiah menarik dari pihak pajak Bula,” tambah Alwi.

Kesempatan yang sama, Kepala KP2KP Bula, Hamid Tianlean menambahkan, betapa pentingnya peran pajak dalam pembangunan nasional. Dimana hampir 80 persen belanja negara bersumber dari penerimaan pajak.

“Generasi muda perlu memiliki literasi pajak yang baik, sehingga timbul kesadaran untuk membayar pajak dengan benar di kemudian hari setelah menjadi wajib pajak,” tutur Hamid.

Disebutkan, sebagian masyarakat masih resistensi terhadap pajak. Hal itu dikarenakan berbagai factor, dan salah satu diantaranya karena generasi muda belum menyadari sepenuhnya pentingnya peranan pajak dalam pembangunan nasional.

Baca juga: Kaper BKKBN Maluku Kunker ke Malteng

Dan generasi muda harus diberikan pemahaman secara dini tentang perpajakan, agar kelak timbul rasa bangga membayar pajak. Sebab itu merupakan bentuk lain dari peran serta dalam membela negara.

“Terima kasih kepada pihak sekolah SMPN 4 SBT yang telah bersedia dan memfasilitasi kegiatan pajak bertutur ini, sehingga berjalan dengan baik,” kuncinya. (SOF)

Comment