by

KPK Akan Sambangi Pemprov Maluku

Ambon, BKA- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019–2023, Firli Bahuri dalam waktu akan menyambangi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku. Kunjungan tersebut terkait arahan Firli untuk penyerahan aset Pemprov Maluku kepada Pemprov Maluku Utara.

“Kedatangan pimpinan KPK tanggal 22 September, bukan untuk masalah anggaran. Tapi memfasilitasi penyerahan aset Pemda Maluku kepada Pemda Maluku Utara yang ada wilayah mereka saat ini,” ungkap Sekertaris Daerah (Sekda) Maluku, Kasrul Selang, kepada wartawan, Selasa (15/9).

Dijelaskan, salama ini, ada aset Pemprov Maluku di wilayah Pemprov Maluku Utara. Dan itu, nantinya akan ditetapkan untuk Pemprov Maluku Utara. Selain itu, terkait aset itu sejak Pemprov Maluku Utara dimekarkan menjadi provinsi independen.

“Baik itu aset bergerak maupun aset yang tidak bergerak. Misalnya, Seperti gedung, rumah dinas dan lain sebagainya,” ujurnya.

Kasrul menambahkan, terkait hal serupa, pimpinan KPK RI menyambangi Provinsi Maluku untuk menindak lanjuti Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemprov Maluku dan Pemprov Maluku Utara, pada tahun 2019 silam yang dipusatkan di Ambon.
Lebih lanjut, terang Kasrul, sebelumnya Pemprov Maluku dan Pemprov Maluku Utara hanya berada dalam satu Provinsi. Namun karena dimekarkan, sehingga harus terbelah menjadi dua provinsi.

“Saat itu ada kantor, rumah dinas yang dibangun disana. Tapi sekarang sudah pisah jadi dua provinsi, sehingga aset bergerak maupun tidak yang ada di Maluku Utara akan diberikan kepada mereka, ” tuturnya.

Sehingga kunjungan pimpinan KPK RI ini, cetusnya, hanya bersifat pengarahan. Dan tidak permasalahan yang lain, selain hal dimaksud. “Kedatangan KPK untuk arahan terkait aset itu,” kunci Kasrul (BKA-1)

Comment