by

KPU Aru Tetapkan DPT-B Periode Maret

Ambon, BKA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Aru menggelar rapat pleno daftar pemilih berkelanjutan, periode Maret 2021.

Rapat pleno tersebut untuk menindaklanjuti surat KPU RI Nomor: 132/PL.02.1-SD/01/KPU/II/2021, tertanggal 4 Februari 2021, perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Tahun 2021.

Pantauan BeritaKota Ambon, Selasa (30/3), pleno PDPB digelar diruang rapat KPUD Kabupaten Kepulauan Aru, yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Mustafa Darakay.

Hadir dalam pleno itu, Ketua Bawaslu Kepulauan Aru Amran Bugis, perwakilan Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan, Kesbangpol, Polres Kepulauan Aru dan Danlanal Aru.


Mustafa Darakay dalam arahan pembuka, mengatakan, Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan dilakukan setiap bulan pada tahun berjalan. Tujuannya untuk memastikan kualitas data pemilih bersih dan berkualitas.

“Ya, tujuannya kita mengurangi peramasalahan pada daftar pemilih tetap kelak. Karena itu, mulai saat ini kita kerja bersama seluruh stakeholder, untuk melakukan pemutahkiran data pemilih setiap bulan,” urainya.

Pada kesempatan tersebut, Darakay mengatakan, KPU akan menetapkan Daftar Pemilih Tetap Berkelanjutan (DPT-B) periode Maret 2021 sebanyak 64.492 pemilih, yang terdiri dari perempuan sebanyak 31.902 dan Laki-laki 32.590.

“Jadi, jumlah ini mengalami penurunan dari penetapan di bulan Februari 2021, yakni sebanyak 64.884. Ada kurang sebanyak 392 pemilih. Setelah dilakukan pencermatan dan koreksi, ditemukan data ganda dan sudah meninggal dunia,” tandas Darakay. (WAL)

Comment