by

KPU-Bawaslu SBT Diajak Ciptakan Pilkada Damai

Ambon, BKA- Majelis Latupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), menggelar kegiatan Silaturahmi dan Duduk Bacarita (bercerita) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Damai dan Sehat, Yang Terhindar dari Hoaks serta Ujaran Kebencian. Kegiatan tersebut berlangsung di Hunimua Caffe, Kota Bula, Senin, (30/11).

Hadir sebagai pembicara dalam forum itu, Plt Latupati SBT, Abdul Razak Weaul Artafela, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) SBT, Kisman Kelian, Ketua Bawaslu SBT, Suparjo Rustam Ruamakamar, Kapolres SBT, AKBP Andre Sukendar dan Dandim Persiapan SBT. Sementara untuk peserta terdiri dari, sejumlah raja negeri, dan stekholder lainya.

Dalam sambutan pembuka, Plt Majelis Latupati SBT, Abdul Rajak Weul Artafela mengatakan, terpenting melibatkan KPU dan Bawaslu dalam kegiatan dimaksud, untuk sama-sama mampu menciptakan Pilkada yang damai, agar berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Maksud kegiatan ini untuk sama-sama mendiskusikan isu-isu politik yang kian memanas, demi bisa menciptakan Pilkada Damai jelang 9 Desember nanti,” ucap Rajak.

Razak, yang juga Kepala Pemerintah Negeri Kian, Kecamatan Kiandarat itu menambahkan, demi menjaga kedamaian pada Pilkada 2020, pihaknya akan terus bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk mengamankan kondisi pilkada. Mulai dari hari pencoblosan hingga perhitungan suara. Bagi dia, siapapun yang terpilih pada tanggal 9 Desember pekan depan, dialah pemimpin masyarakat SBT.

“Kami dari Majelis Latupati SBT, tetap bersikap netral bersama TNI Polri dan KPU serta Bawaslu jelang pemilihan bupati dan wakil bupati SBT 2020,” tutur Razak, yang juga sebagai moderator dalam kegiatan itu.
Untuk itu, lanjut dia, pihaknya mengharapkan keseriusan KPU dan Bawaslu untuk bisa memberikan sikap tegas pada bawahannya. Agar bisa melakukan tugas secara ketat demi kesuksesan Pilkada tahun ini.

Ketau KPU SBT, Kisman Kelian menilai, dirinya mempunyai keyakinan penuh, bahwa Pilkada tahun ini akan berjalan lancar dan damai. Maka demi menciptakan hal dimaksud, pihaknya mengharapkan kerjasama dan kesadaran penuh dari masyarakat SBT.

“Dari tempat ini, selaku penyelenggara kami berharap agar kita sama-sama menjaga dan mengawasi tahapan ini. Untuk menciptakan Pilkada 2020 ini dalam kondisi sejuk, aman dan damai,” pintanya.

Dijelaskan, tahapan Pilkada ini berjalan penuh dengan Protokol Kesehatan. Yang mana sejalan dengan Peraturan KPU (PKPU) nomor 13 tahun 2020. Karena bagi dia, PKPU itu sudah cukup tegas dalam mengatur protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada Pilkada.

Sementara itu, Ketua Bawaslu SBT, Suparjo Rustam Ruamakamar menambahkan, menciptakan Pilkada damai tentunya menjadi keinginan bersama masyarakat SBT.

“Kita semua berharap pilkada ini berjalan dengan damai, sejuk dan demokratis, serta transparan. Sehingga hasil dari pilkada ini tidak mencederai keinginan seluruh warga masyarakat,” ucap dia.

Suparjo juga terus mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten SBT, agar tetep netral dalam Pilkada ini. Sebagaimana perintah UU Nomor 7, tahun 2017 dan UU nomor 10 tahun 2016, yang menegaskan ASN dan perangkat desa untuk menjaga netralitas menjelang pilkada 2020. (BKA-2)

Comment