by

KPU MBD Tetapkan DPB Triwulan II

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Barat Daya (MBD) telah menetapkan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) triwulan ke II tahun 2021. Penetapan ini dilakukan melalui rapat pleno terbuka di Kantor KPU MBD, Senin (5/7) .

Ketua KPU MBD, Kristian L. Talupoor, mengatakan, sesuai dengan amanat undang-undang, maka KPU secara keseluruhan berkewajiban melalukan pemutakhiran data pemilih secara berkelanjutan. Guna menghadapi perhelatan politik yang akan berlangsung di tahun 2024 mendatang.

“Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dilaksanakan setiap bulan, dan setiap triwulan dilaksanakan rapat pleno. KPU MBD telah melaksanakan rapat pleno pemutakhiran data pemilih sebanyak dua kali di tahun 2021,” ungkapnya .

Menurutnya , berkaitan dengan pemuktahiran data, pihak TNI POLRI sangat dibutuhkan kerjasamanya dalam menyampaikan anggota TNI Polri yang telah memasuki masa pensiun. Sehingga bisa dapat dimasukan pada daftar pemilih pemula. Hal yang sama juga sangat diharapkan dari Dukcapil MBD, agar tidak terjadi kesalahan dalam pemuktahiran data pemilih.

Dirincikan, DPB Triwulan Ke II Kabupaten MBD tahun 2021 untuk bulan April, laki-laki sebanyak 27.542 dan perempuan sebanyak 27.171. Sehingga totalnya mencapai 54.713 pemilih.

Untuk bulan mei, lanjut dia, laki- laki memiliki jumlah yang sama yakni 27.542 dan perenpuan mengalami penurunan menjadi 27.170, sehingga totalnya sebanyak 54.712 pemilih.

Sementara ipada Juni 2021, laki-laki mengalami peningkatan menjadi 27.545 dan perempuan tetap pada angka 27.170. Dan totalnya sebanyak 54.715 pemilih.

Dia berharap, komunikasi lintas sektor dapat tetap berjalan dengan baik sehingga nantinya tidak terjadi kesalahan input saat penetapan Daftar Pemilih Tetap. (GEM)

Comment