by

KPU Tetapkan Benyamin-Ari Unggul di MBD

Ambon, BKA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) menetapkan pasangan Benyamin Thomas Noach-Agustinus Kilikily, sebagai peraih suara terbanyak pada Pilkada 2020 di kabupaten itu.

Penetapan itu diputuskan melalui rapat pleno penetapan dan rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat Kabupaten MBD, Kamis (17/12).

Ketua KPU MBD, Jacob Alupatty Demny, mengatakan, berdasarkan hasil rekapitulasi perhitungan suara yang berlangsung selama dua hari di gedung serba guna Tiakur, pasangan Nikolas Kilikily-Desianus Orno sebanyak 13.244 suara, Benyamin Thomas Noach-Agistinus Kilikily sebanyak 28.210 suara, serta Jhon Leunupun-Dolfina Markus sebanyak 5.156 suara.

Masing-masing perodelahan itu berdasarkan suara sah pemilih sebanyak 46.610 suara. Sedangkan suara tidak sah sebanyak 373 suara.

“Berdasarkan perolehan suara tersebut, maka KPU MBD menetapkan pasangan calon nomor urut 02 (Benyamin Thomas Noach-Agistinus Kilikily), sebagai pasangan calon yang meraih suara terbanyak. Pasangan calon nomor urut 01 menduduki posisi kedua, serta disusul pasangan calon nomor urut 03,” jelasnya.

Menurutnya, seluruh tahapan Pilkada di Kabupaten MBD tahun 2020, berjalan denga baik. Sejak penetapan hasil rekapitulasi tingkat TPS hingga kabupaten, proses berjalan tanpa adanya keberatan dari saksi masing-masing calon.

Tapi pada akhir penetapan hasil rekapitulasi tingkat kabupaten, perwakilan saksi Paslon Nikolas Johan Kilikily-Desianus Orno menyampaikan keberatan terhadap seluruh proses Pilkada yang telah dilaksanakan.

“Bagi pasangan calon yang merasa dirugikan atau yang merasa tidak dapat menerima hasil rekapitulasi yang telah ditetapkan, maka berdasarkan Undang-Undang diberikan kesempatan waktu sebanyak 3 kali 24 jam setelah rapat pleno penetapan, untuk menggunakan hak hukumnya, dengan mengajukan gugatan kepada Mahkamah Konstitusi, terkait rekapitulasi hasil yang ditetapkan,” terang Demny.

Ditambahkannya, KPU MBD pada prinsipnya menunggu register dari Mahkamah Konstitusi, terkait adanya gugatan yang disampaikan oleh salah satu pasangan calon yang keberatan.

Jika dalam kurun waktu lima hari, tidak ada pemberitahuan adanya gugatan dari Paslon yang berkeberatan terhadap hasil yang ditetapkan. Maka KPU MBD pada hari kelima sejak penetapan hasil rekapitulasi, akan tetap beranjak pada tahapan penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten MBD tahun 2020.(BKA-3)

Comment