by

KPU Usul Rp 5,8 Miliar Anggaran Simulasi Pilkada 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku mengusulkan anggaran simulasi Pilkada 2024, yang akan dilakukan 2020 mendatang, sebesar Rp 5,8 miliar.

Anggaran simulasi itu akan diperuntukan untuk empat item penggunaan, diantaranya, merancang program kerja KPU sebagai fungsi koordinasi, perancanaan program pendataan informasi, pelayanan adiminstrasi dan pendidikan pemilih dalam rangka peningkatan partisipasi pemilih ditingkat kabupaten/kota, khususnya di pedesaan.

“Yang tadi itu anggaran untuk penunjang Pilkada di tahun 2022. Kalau anggaran Pilkadanya belum diusulkan. Sehingga ini merupakan kepentingan KPU untuk melakukan simulasi persiapan, sebagai penunjang Pilkada 2024 mendatang,” ungkap Ketua KPU Provinsi Maluku, Samsul Rifan Kubangun, usai mengikuti rapat bersama dengan Komisi I DPRD Maluku dan Sekda Maluku, Selasa (25/5).

Sebagai fokus di tahun 2024 dan leading sektor pelaksanaan kerja-kerja pemilu maupun kerja-kerja pemilihan atau pilkada, KPU punya kepentingan untuk melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pemangku kepentingan, salah satunya pemerintah daerah dan DPR, dalam rangka bagaimana mendukung kebutuhan anggaran dan sarana prasarana serta sumber daya manusia.

”Tadi kita bahas dan usulkan beberapa hal yang berkaitan dengan penunjang pemilihan, yang akan dilaksanakan di November 2024. Jika mendengar informasi terakhir kemarin dengan Komisi II DPR RI bersama KPU RI, DKKP dan Bawaslu, berarti ada simulasi yang kita lakukan. Nanti pemilu serentak jatuh pada bulan Februari dan Pilkada serentak untuk memilih kepala daerah akan jatuh pada bulan November 2024. Sehingga pada kesempatan hari ini, kita diundang Komisi I DPRD Provinsi Maluku, untuk membahas langkah-langkah strategis yang berkaitan dengan bagaimana pelaksanaan-pelaksanan petugas penyelenggaraan tersebut dilakukan secara bersama-sama,” terangnya.

Untuk itu, kata Kubangun, pihaknya lewat Sekda Maluku telah mengusulkan anggaran penunjang 2024 sebesar Rp 5,8 miliar, sebagai langkah persiapan Pilkada.(RHM)

Comment