by

Kronologi Tottenham Pecat Mourinho

Jose Mourinho diharapkan jadi pelatih yang mendatangkan era emas bagi klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur. Namun ternyata umur Mourinho di Tottenham hanya sesaat. Berikut kronologi Tottenham memecat Mourinho.

Mourinho secara mengejutkan diumumkan sebagai pelatih Tottenham Hotspur menggantikan Mauricio Pochettino pada 20 November 2019. Saat itu Mourinho diikat kontrak hingga musim 2022/2023.

Kemerosotan permainan Tottenham usai jadi runner up Liga Champions 2018/2019 jadi sebab utama Pochettino tak lagi dipercaya memimpin proyek ambisius Tottenham.

Bersama Mourinho, Tottenham yakin bisa mencapai impian meraih gelar karena pelatih asal Portugal itu masuk kategori pelatih elite dengan jam terbang tinggi.

Di musim pertama, Tottenham tak banyak memberikan target pada Mourinho. Mourinho berhasil membawa Tottenham duduk di posisi keenam di akhir musim.
Pada musim baru, 2020/2021, Mourinho untuk kali pertama memegang Tottenham sejak awal musim. Ia mendatangkan sejumlah tambahan pemain seperti Sergio Reguilon dan Gareth Bale yang datang dengan status pinjaman.

Di tengah persaingan ketat Premier League, Mourinho mulai menunjukkan tangan dinginnya di paruh awal kompetisi musim 2020/2021. Tottenham bisa jadi pemuncak klasemen Liga Inggris sejak pekan kesembilan hingga pekan ke-12.

Kombinasi duet Harry Kane dan Son Heung Min saat itu begitu menakutkan dan jadi pembicaraan banyak orang karena saling melengkapi.

Namun di bulan Desember, Tottenham terlempar dari puncak karena kalah dalam duel lawan Liverpool dan Leicester City yang sama-sama jadi pesaing di papan atas saat itu.

Pada pekan ke-19, Tottenham ada di peringkat kelima. Mereka sudah berjarak tujuh poin dari Manchester United namun masih punya sisa satu laga lebih banyak.

Petaka di Paruh Kedua

Tottenham lalu terlempar dari persaingan gelar juara saat menelan lima kekalahan dalam enam laga beruntun. Liverpool, Brighton, Chelsea, Manchester City, dan West Ham United bergantian menaklukkan Tottenham. The Lilywhites hanya mampu menang lawan West Bromwich Albion di periode itu.

Tottenham kemudian menunjukkan sinyal kebangkitan untuk setidaknya bersaing di zona Liga Champions lewat tiga kemenangan beruntun atas Burnley, Fulham, dan Crystal Palace.
Namun kemudian Tottenham hanya meraih satu kemenangan, dua hasil imbang, dan dua kekalahan di lima laga terakhir yang mereka mainkan.
Dengan kondisi ada di posisi ketujuh dan berjarak lima poin dari West Ham United yang ada di batas akhir zona Liga Champions, peluang Tottenham lolos ke kompetisi paling elite Eropa itu masih terbuka.

Tetapi dengan enam laga tersisa di tangan, Tottenham juga mesti berharap West Ham, juga Chelsea dan Liverpool melakukan kesalahan di sisa musim.

Keputusan Tottenham memecat Mourinho terbilang berani. Selain lantaran musim tinggal menyisakan enam pekan, Tottenham juga masih punya peluang meraih juara musim ini.

Tottenham sudah lolos ke final Piala Liga dan bakal menghadapi Manchester City pada 25 April mendatang.

Dalam kondisi persiapan laga krusial tersebut, manajemen Tottenham malah memilih mengganti Mourinho. Ryan Mason akan memegang Tottenham sebagai pelatih sementara.
“Jose dan staf-nya telah bersama kami dalam momen paling menantang kami sebagai sebuah klub.”

“Dalam tataran personal, saya menikmati bekerja bersamanya dan menyesali bahwa hal yang terjadi tidak sesuai dengan yang kami bayangkan,” ucap Daniel Levy dalam pengumuman pemecatan Mourinho. (INT)

Comment