by

Kubalahin Anggarkan Rp 350 Juta Untuk Covid-19

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Kubalahin, Kecamatan Lolong Guba, menyediakan anggaran untuk penanganan Covid-19 Sebesar Rp 350 juta dari Dana Desa (DD).

Penjabat Kepala Desa (Kades) Kubalahin, Idris Besan, mengatakan, anggaran yang disediakan itu sudah termasuk dengan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT).


“Anggarannya untuk penanganan Covid-19 ini sebesar Rp 350 juta, itu sudah termasuk dana BLT selama setahun,” kata Idris, kepada BeritaKota Ambon, Kamis (4/3).

Selama pandemi Covid-19 masih tetap berlangsung, terangnya, pemerintah desa di seluruh Indonesia di instruksikan untuk mengalokasikan dana desa untuk penanganan bencana non alam tersebut.

Hal itu sesuai dengan Permendes No 13 tahun 2020, yang menegaskan, DD di tahun anggaran 2021 diprioritaskan untuk pemulihan ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19.

Hal itu dipertegas lagi dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 222/2020 tentang pengelolaan Dana Desa tahun anggaran 2021, yang menyebutkan, Pemdes wajib melaksanakan BLT Dana Desa selam setahun, dengan jumlah nominal uang tunai sebesar Rp 300.000 per KK.


“Karena sesuai aturan dari Permendes No 13 tahun 2020 dan PMK Nomor 222 itu, memang kita pemerintah desa wajib menyalurkan BLT selama 12 bulan,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil rapat khusus Desa Kubalahin yang dilaksanakan pada Februari lalu, ditetpakan jumlah untuk penerima BLT di desa tersebut sebanyak 76 KK.

“Untuk kami di Desa Kubalahin itu jumlah KPM untuk penerima BLT sebanyak 76 KK. Jumlah ini ditetapkan berdasarkan hasil rapat khusus antara pemdes dan BPD serta para kepala RT di Desa Kubalahin,” ujarnya.

Ia berharap, pemerintah pusat dengan cepat menemukan solusi terkait pemulihan wabah Covid-19 di Indonesia, sehingga percepatan pembangunan untuk desa tertinggal bisa lebih di tingkatkan.(MG-1).

Comment