by

Kunjungan Rumah Atasi Kejenuhan Siswa

Ambon, BKA- Kepala SD B3 Urimesing, Elmira Silooy, mengatakan, proses belajar mengajar yang masih dilakukan secara Daring dan Luring, semakin membuat siswa merasa jenuh.

Kejenuhan mereka bukan saja karena tugas atau pekerjaan rumah yang menumpuk, tapi karena memang mereka sudah tidak betah lagi belajar didampingi orangtua.

Di sisi lain, katanya, proses belajar mengajar belum bisa dilakukan di sekolah, karena pemerintah belum memberikan ijin, akibat penyebaran virus corona masih terjadi di tengah masyarakat.

Salah satu solusi untuk menjawab kejenuhan siswa belajar sendiri di rumah dengan pendampingan orangtua, kata Silooy, pihaknya meminta guru untuk melakukan kunjungan belajar di rumah siswa.

“Sehingga selain belajar Daring, kita juga lakukan kunjungan belajar rumah. Bagi saya, kunjungan rumah itu perlu, meskipun tidak dilakukan setiap hari. Tapi saya rasa bisa memberikan sedikit pengaruh bagi anak-anak. Karena selain mengetahui situasi dan kondisi belajar anak, tapi juga memberikan motivasi dan semangat kepada mereka untuk terus belajar,” ucap Silooy, Kamis (18/2).

Untuk itu, kunjungan belajar di rumah penting untuk dilakukan, apalagi ditengah kondisi Kota Ambon yang saat ini kembali berstatus zona merah.

“Anak-anak semakin jenuh. Jadi kalau kita hanya berharap belajar Daring atau Luring, maka sulit. Guru harus turun tangan untuk menjawab kebutuhan belajar anak di rumah. Tidak bisa hanya harapkan orangtua, karena mereka juga pasti punya kesibukan pekerjaan. Mudah-mudah dengan apa yang kita lakukan itu, memberikan semangat bagi anak-anak kita tetap belajar,” pungkas Silooy. (LAM)

Comment