by

Kunjungan Rumah Bagi Siswa Kelas I

beritakotaambon.com – Proses Belajar Mengajar (PBM) bagi siswa kelas I di SD Negeri 37 Ambon, dilakukan dengan melakukan kunjungan rumah.

Kepala SD Negeri 37 Ambon, Carolina Wattimury, mengatakan, kunjungan rumah dlakukan karena siswa kelas I memerlukan pendampingan langsung oleh guru.

“Kalau kelas I itu ada pendampingan langsung dari guru, atas persetujuan orangtua. Karena kelas I itu perlu untuk belajar membaca dan menulis,” terang Wattimury.

Dari hasil PBM yang dilakukan selama ini, katanya, beberapa siswa kelas I ada yang sudah dapat membaca dan menulis.

“Puji Tuhan, sudah ada beberapa siswa yang lancar mengeja, membaca, dan menulis. Semua dari daya tangkap anak. Semua anak itu berbeda daya tangkap terhadap materi yang diberikan,” jelasnya.

Baca juga: Koramil 1502-09 Bula Dirikan Walang Belajar

Namun secara keseluruhan, SD Negeri 37 Ambon menggelar PBM secara Daring, khususnya untuk siswa kelas besar.

“Untuk kelas II, selain melakukan pembelajaran secara Daring, juga dilakukan pendampingan bagi mereka di rumah oleh guru,” katanya.

Untuk PBM yang dilakukan secara Daring, terang Wattimury, guru biasanya menggunakan aplikasi zoom. Memang banyak kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam PBM secara Daring, namun hal itu harus dilakukan, karena menjadi suatu tuntutan kondisi.

Selain itu, guru dan siswa juga tidak bisa menghindar dari perkembangan teknologi. Sehingga penguasaan teknologi, mutlak menjadi keharusan.

Dengan adanya pendampingan orangtua dan buku pembelajaran yang diberikan kepada siswa untuk belajar dari rumah, diharapkan, memperlancar PBM secara Daring. Sehingga kualitas akademik siswa bisa terjaga.

“Ini kan semua harus tahu teknologi, karena kedepannya kita semua dituntut untuk bisa memahami teknologi,” tandasnya.(BKA-1)

Comment