by

Kunjungi UPT, Irwil II Kemenkumham Berikan Motivasi

Ambon, BKA- Lakukan kunjungan kerja (kunker) ke Unit Pelaksana Tugas (UPT) se Kota Ambon, Inspektur Wilayah (Irwil) II Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI, Ikon Siregar memberikan motivasi bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada, Jumat (6/11).

Kunjungan tersebut diantaranya ke Imigrasi Kelas I TPI Ambon, Lapas Ambon, Rutan Ambon, Bapas, LPKA, LPP dan Rupbasan. Dalam kunjungannya, Ikon Siregar turut didampingi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Maluku, Andi Nurka serta pimpinan tinggi lainnya, dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Lewat kunjungannya disetiap UPT, Ikon Siregar selalu memberikan motivasi serta penguatan bagi Apartur Sipil Negara (ASN) untuk membangkitkan semangat cita-cita kedepan dengan moral dan akhlak yang baik selama mengemban tugas dan tanggung jawab.

Dia berpesan, menjadi ASN mulai dari tahap awal hingga menduduki suatu jabatan, merupakan sebuah proses yang tentunya dibarengi dengan akhlak, moral, perilaku, tingkah laku serta perbuata.

“Untuk itu, bangkitkan semangat cita-cita kita. Keinginan kita kedepan harus ditanamkan dengan baik, serta didukung oleh moral dan akhlak kita yang sesungguhnya. Yang menjadi sebuah fondasi, menjadi kompas untuk tujuan bersama,” tandas Ikon, lewat rilisnya.

Hal senada turut dipaparkan kepada Andik PAS, agar tetap menjaga moral dan akhlak terhadap orang tua maupun sesama.

“Jangan biarkan iri, dengki dan setan memporak-porandakan kehidupan kita. Selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap langkah, maka niscaya apapun yang dilakukan akan selalu ada penyertaan-Nya,” tuturnya.

Usai memberikan pengarahan, Ikon langsung meninjau ruang kerja staf, tempat kerajinan dan hasil karya Warga Binaan, barang sitaan negara serta melakukan percakapan dengan beberapa Warga Binaan terkait pelayanan kesehatan maupun makan.

Selain itu, Ikon juga memuji kebersihan lingkungan tiap-tiap UPT. Menurutnya bahwa kebersihan merupakan hal penting yang perlu dijaga. Agar kesehatan Warga Binaanpun tetap terjaga, dan harus tetap perbiasakan budaya bersih budaya sehat. Karena bersih adalah merupakan cerminan iman.

Dia juga berpesan, bahwa produktivitas pembinaan kemandirian harus lebih ditingkatkan. Sehingga mampu memberikan Penghasilan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan penghasilan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan.

“Selalu mendekatkan diri dan mengucap syukur kepada sang Pencipta. Karena berproses tanpa Tuhan, maka semuanya akan sia-sia,” pesan Ikon. (LAM)

Comment