by

Kuota Vaksin Covid-19 Maluku 1,1 Juta Orang

Ambon, BKA- Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Kasrul Selang, mengungkapkan, sesuai surat pemerintah pusat kepada seluruh gubernur, Provonsi Maluku mendapat jatah atau kuota vaksin Covid-19 sebanyak 1,1 juta orang.

Sesuai rencana Pempus, realisasi pemberian vaksin atau vaksinasi akan mulai dilakukan di November hingga Desember tahun ini.


“Mudah-mudahan, kalau bisa, skenario Pempus yaitu untuk vaksinasi jalan antara November hingga Desember tahun ini,” ungkap Kasrus, usai mengikuti rapat bersama pembahasan APBD 2021 di DPRD Maluku, Selasa (3/11).

Namun vaksinasi itu akan dilakukan secara bertahap. Dimulai dari tenaga medis yang melayani pasien Covid-19 serta aparatur pelayanan sipil.

Selanjutnya, vaksin tersebut akan diberikan kepada pelaku pergerakan disektor ekonomi dan pariwisata.

Sebagai langkah awal untuk menindaklanjuti hal itu, lanjut Kasrul, pihaknya telah mengunjungi RSUP sebagai salah satu tempat pelaksanaan vasksinasi.

“Kemarin kita didatangi RSUP sebagai salah satu tempat pelaksanaan vasksinasi. Tim dari Kementerian (Kesehatan) juga sudah datang kemarin, melihat bagaimana cara penanganan simulasinya,” terang Kasrul.

Sebelumnya, dalam rapat bersama dengan DPRD Provinsi Maluku, Kasrul mengungkapkan, dalam penanganan Covid–19, Pemerintah Provinsi Maluku masih menggunakan anggaran dari biaya tak terduga untuk 2021.

Hal itu dilakukan, katanya, karena Covid-19 belum bisa diprediksi kapan berakhir. Tapi dengan adanya skenario Pempus untuk melakukan vaksinasi, bisa lebih melegakan.

“Dalam penanganan Covid-19 tahun 2020, di anggarkan 122 miliar rupiah. Sedangkan di 2021 nanti, menurun setengah dari jumlah itu,” pungkasnya.(RHM)

Comment