by

Laga Perdana Bareng Thomas Tuchel, Chelsea Langsung Pecah Rekor

Meski menguasai penuh jalannya laga dan membuat rekor umpan, Chelsea cuma bisa bermain 0-0 lawan Wolves.

Pertandingan pertama Chelsea di bawah manajer baru Thomas Tuchel memang berakhir kurang memuaskan. The Blues hanya sanggup bermain imbang tanpa gol melawan Wolverhampton Wanderers, Kamis (28/1) dini hari WIB.

Namun, jika ada satu hal positif dari laga di Stamford Bridge itu, maka itu adalah soal permainan dominan mereka. Ya, Chelsea menguasai penuh jalannya partai lanjutan Liga Primer Inggris ini dan membuat umpan dengan frekuensi tinggi.

Seperti dilansir Opta, Tuchel dan pasukannya mampu mencatatkan 820 umpan dan 78,9 persen penguasaan bola di sepanjang 90 menit.

Kedua angka itu adalah statistik tertinggi yang pernah dicatatkan seorang manajer dalam dalam laga debutnya di EPL, setidaknya sejak Opta mulai beroperasi pada musim 2003/04.

Rekor tersebut setidaknya memberikan sedikit angin segar bagi Chelsea di tengah buruknya performa mereka di EPL dalam beberapa bulan terakhir.

Seperti diketahui, Chelsea baru saja mendepak Frank Lampard pada awal pekan ini. Lampard hanya bertahan selama satu setengah musim menyusul terpuruknya Chelsea ke papan tengah klasemen pada musim ini.

Sehari setelah pemecatan Lampard, Tuchel ditunjuk sebagai penggantinya dan sang juru taktik Jerman itu langsung memimpin skuad barunya saat menjamu Wolves.

Ia membuat kejutan dalam susunan pemainnya, dengan memakai formasi 3-4-2-1 dan memasang Callum Hudson-Odoi sebagai bek sayap.

Di babak pertama, Chelsea mencatatkan 433 umpan, yang menurut Opta adalah jumlah umpan terbanyak yang pernah dicatatkan Chelsea di 45 menit pertama, setidaknya sejak dilakukannya perhitungan pada musim 2003/04.

Chelsea pada akhirnya tetap tak sanggup mencetak gol, tapi Tuchel tetap puas dengan performa anak asuhnya. “Saya sangat senang dengan energi dan intensitas yang kami tunjukkan. Jika ini adalah titik awal, maka saya tidak sabar untuk melihat perkembangannya,” kata eks pelatih Borussia Dortmund ini.

Tuchel sebelumnya melatih Paris Saint-Germain dan musim lalu sukses membawa klub Prancis itu melaju ke final Liga Champions. Namun, Tuchel dipecat pada akhir Desember lalu dan digantikan oleh Mauricio Pochettino.

Dengan hasil ini, Chelsea masih tertahan di posisi kedelapan klasemen, terpaut lima poin dari empat besar. Berikutnya, mereka akan menghadapi Burnley dan Tottenham Hotspur dalam satu pekan ke depan. (INT)

Comment