by

Laha Ajukan Empat Perneg ke Pemkot

Ambon, BKA- Pemerintah Negeri Laha, Kecamatan Teluk Ambon telah mengajukan empat Peraturan Negeri (Perneg) ke Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon. Dengan harapan, seluruh Perneg tersebut dapat disetujui untuk nantinya diterapkan.

Sekretaris Negeri Laha, Fahmy Mewar mengaku, keseluruhan Perneg yang diusulkan, membahas tentang beberapa peraturan yang nantinya akan diterapkan di Negeri Laha. Yakni terkait dengan Badan Usaha Milik Negeri (BUMNeg) hingga terkait pungutan negeri.

“Kami sedang ajukan 4 Perneg. Satu itu mengenai kewenangan negeri berdasarkan asal usul dan kewenangan lokal desa. Yang kedua itu mengenai Badan Usaha Milik Negeri (BUMNeg), yang ketiga itu pungutan negeri, dan ke empat itu pembentukan badan pengelolaan hutan desa,” terang Fahmi, saat dihubungi koran ini, Senin (8/3).

Dikatakan, pengajuan Perneg tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan memanfaatkan hasil negeri. Hal tersebut diakui termasuk dalam program Negeri Laha menuju Negeri/Desa mandiri.

“Jadi Perneg ini kita ajukan untuk meningkatkan peringkat kesejahteraan masyarakat. Misalnya saja dengan pengelolaan BUMNeg dan pungutan negeri,” jelas dia.

Pungutan negeri, lanjut dia, nantinya mengatur segala pajak bangunan yang ada pada wilayah lingkup Negeri Laha. Salah satu pungutan negeri, juga mengarah kepada pembuangan sampah yang sembarangan.

“Pungutan itu kami rencanakan untuk bangunan yang ada di Negeri Laha. Mulai dari cafe, restoran dan lain sebagainya. Selain itu juga adakan pungutan sampah. Dengan begitu warga yang membuang sampah di daerah yang kami larang, harus membayar pungutan. Ini juga bisa menertibkan masyarakat soal sampah,” tutur dia.

Hasil dari pungutan ini, kata Fahmy, nantinya akan digunakan untuk pembangunan dan pemberdayaan Negeri Laha sendiri. “Nanti hasil itu bisa jadi hasil negeri sendiri. Yang nantinya digunakan untuk membangun desa menjadi lebih baik,” tuturnya.

Dan hingga saat ini, Pemneg Laha masih menunggu keputusan Pemkot Ambon terkait dengan 4 buah Perneg yang telah diusulkan itu. Dan ketika disetujui, maka akan langsung diberlakukan di Negeri Laha. (BKA-1)

Comment