by

Laha Akan Dorong Produk Abon Ikan

AMBON-BKA, Pemerintah Negeri Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon akan dorong potensi abon ikan yang diolah masyarakat setempat.

Sekretaris Negeri Laha, Fahmi Mewar mengatakan, saat ini yang menjadi produk unggulan secara khusus, salah satunya ialah kreativitas masyarakat mengolah ikan menjadi abon.

“Melihat hal itu kami akan berusaha mendorong produk tersebut, agar bisa dipasarkan lebih luas lagi,” terang Fahmi, kepada Koran ini, Senin (26/7)

Dia menjelaskan, masyarakat pengelola ikan abon itu sudah ada sejak tahun 2017 lalu. Bahkan sudah di bentuk kelompok yang terdiri dari 10 orang. Dan di tahun ini, lewat pelatihan yang sudah diberikan kepada warga, Pemerintah Negeri Laha akan berupaya agar produk-produk unggulan itu dapat dikembangkan.

“Sebagian besar masyarakat Negeri Laha kan berpotensi sebagai nelayan. Hasil laut kami melimpah. Masyarakat mengolahnya menjadi abon ikan dan juga ikan asap. Alat-alatnya juga sudah mulai modern,” sebutnya.

Pihaknya juga akan memperkuat produk tersebut dengan bantuan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dimana BUMDes punya peranan penting, agar produk itu hanya berputar dalam kawasan negeri.

Fahmi juga menambahkan, di tahun 2022 mendatang, akan dibuat skema pengelolaan di tingkat negeri. Karena selain abon ikan, akan ada juga produk-produk lainnya yang dinilai punya daya tarik konsumen.

“Seperti kemarin dibuat pelatihan bagi ibu-ibu secara umum untuk membuat keripik. Lewat potensi-potensi ini kita dapat melihat produk-produk apa saja yang bisa kita topang untuk memasarkannya,” tutup dia. (BKA-2)

Comment