by

Laha Berdayakan Warga Atasi Kemiskinan

Ambon, BKA- Pemerintah Desa Laha, kecamatan Teluk Ambon melakukan pemberdayaan masyarakat setempat untuk lebih mandiri dalam mengatasi kemiskinan.

Berbagai program pemberdayaan dilakukan agar membentuk warga berekonomi mandiri. Misalnya pemberian bantuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), sekaligus pelatihan kepada pelaku ekonomi yang ada.

“Kami mengarahkan pemberdayaan agar warga bisa mandiri. Jadi bukan saja kami berikan bantuan tapi juga arahkan lewat pelatihan. Ini agar warga bisa didorong memanfaatkan bantuan dengan baik. Misalnya kemarin kami beri bantuan UMKM, sekaligus memberikan pelatihan,” ungkap Sekretaris Desa Laha, Fahmi Mewar, saat ditemui wartawan, Rabu (3/3)

Menurut dia, pemberdayaan masyarakat didorong lewat potensi alam yang ada. Dengan begitu potensi alam bisa menjadi sumber ekonomi warga. Termasuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang digunakan untuk membantu pemberdayaan masyarakatnya.

“Kami juga berdayakan warga lewat potensi yang ada. Kalau kami punya potensi rotan dan kelautan. Jadi kami arahkan ke situ juga agar bisa menghasilkan bagi warga. Dengan begitu kami bisa gunakan BUMDes untuk mengawal semua itu,” tambahnya.

Dijelaskan jumlah dana yang dianggarkan mencapai Rp 460 juta. Dan dipastikan penerima UMKM lebih tepat sasaran, dimana aka nada pengawasan yang dilakukan setelah bantuan tersebut diterima oleh warga.

“Kalau anggaran untuk UMKM itu kami anggarkan 460 juta untuk pelatihan dan bantuan alat serta bahan. Kami pastikan tepat sasaran bantuan yang diberikan. Kami akan awasi warga yang menerima bantuan apakah digunakan sesuai atau tidak,” tandasnya.

Fahmi juga berharap, Pemerintah Kota Ambon bisa mengarahkan potensi pada masing-masing desa/negeri yang ada, untuk memajukan ekonomi warga. Dan bagi warga yang diberikan bantuan, juga diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Saya harap Pemkot bisa langsung melihat potensi setiap negeri dan langsung diarahkan. Sehingga anggaran yang tersedia juga bisa sesuai dan tepat sasaran. Saya juga harap, warga bisa gunakan segala bantuan dan pemberdayaan yang dilakukan dengan baik. Percuma kita berikan bantuan tapi warga tidak gunakan dengan baik,” pungkasnya. (BKA-1)

Comment