by

Laha Menuju Kampung Hidroponik

Ambon, BKA- Negeri Laha, Kecamatan Teluk Ambon ingin tampil beda dengan menjadi kampung hidroponik yang berdampak bagi pembangunan ekonomi warga.

Pemerintah Desa Laha ingin mendorong ekonomi warga dengan menjalankan program kampung hidroponik di tahun 2021. Hal ini diakui Fahmi Mewar sekertaris desa Laha. Pasca pencanangan kampung tangguh oleh Wali Kota Ambon, pihaknya ingin mendorong warga mendukung Laha jadi kampung hidroponik dia Kota Ambon. Hal ini juga merupakan usulan warga setempat.

“Jika mereka kampung tangguh, maka Laha akan menjadi kampung hidroponik. Jadi kemarin lewat RT setempat, warga mengusulkan untuk adanya hirdoponik ini. Jadi kami pemdes akan melakukan pencanangan sekaligus mendorong masyarakat untuk bercocok tanam hidroponik. Karena memang banyak lahan kosong warga yang bisa dimanfaatkan untuk itu,” Pungkas Fahmi Mewar sekertaris Desa Laha.

Pemdes Laha sendiri sudah memberikan contoh terlebih dahulu dengan melakukan cocok tanam hidroponik di depan kantor desa. Pemdes setempat juga sudah melalukan pelatihan cara menanam metode hidroponik kepada masyarakat.

“Jadi kami sudah mengakomodir dan memberikan contoh lewat hidroponik yang ada didepan kantor desa. Kami juga sudah anggarkan untuk pelatihan kepada masyarakat dan masyarakat juga antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut. Kampung tangguh sendiri memiliki arti bahwa ditengah pandemi seperti ini masyarakat bisa membangun ekonomi lewat berbagai program. Untuk itu kami mendorong warga melakukan hidroponik dipekarangan masing-masing yang hasilnya nanti bisa dinikmati warga itu sendiri,” tambahnya.

Laha berencana akan mengadakan launching kampung hidroponik yang juga turut mengundang Wali Kota Ambon. Mewar menambahkan tidak menutup kemungkinan akan mengajak desa terdekat untuk bekerja sama dalam agenda membangun ekonomi warga ini. Pemdes menargetkan agar agenda tersebut bisa tepat sasaran dalam membangun ekonomi warga.

“Jadi 2021 kami akan anggarkan usulan RT untuk hidroponik. Nanti akan diadakan hidroponik besar-besaran didesa Laha. Kami berencana dalam launching kegiatan tersebut juga turut mengundang Wali Kota Ambon. Tidak menutup kemungkinan kita akan melalukan kerja sama dengan desa tetangga dalam mendorong kegiatan ini sama halnya dengan Poka, Hunuth dan Wayame yang bekerja sama. Nanti kita buat skemanya dan mengakomodir supaya hasilnya tepat sasaran dalam membangun ekonomi masyarakat. Jadi hidroponik meliputi sayuran yang bisa dimanfaatkan warga untuk kebutuhan,” tutupnya. (MG-1)

Comment