by

Laha Pantau Prokes Jelang Lebaran

Pemerintah Desa (Pemdes) Laha, Kecamatan Teluk Ambon akan melakukan pemantauan protokol kesehatan (Prokes) saat lebaran Idul Fitri 1442 H nanti.

Sekretaris Desa Laha, Fahmi Mewar mengatakan, pihaknya akan bersama Tim Satgas yang telah menyiapkan skema untuk nantinya diterapkan saat H-1 (besok).
“Kami tentu akan pantau penerapan protokol kesehatan di lebaran kali ini. Kami dari jauh hari sudah menyiapkan skema yang akan diterapkan mulai dari H-1 hingga selesai lebaran nantinya,” terang Fahmi, saat dihubungi koran ini, Senin (10/5).

Menurut dia, setiap masjid yang ada, akan dipantau penerapan prokes. Dan Pemdes Laha sendiri, nantinya akan menyiapkan kebutuhan penerapan prokes seperti hand sanitizer pada setiap masjid yang ada di lingkungannya.

“Tim Satgas kami, akan turun langsung ke masjid menjelang H-1 untuk lakukan pantauan. Kami juga memberikan setiap masjid hand sanitizer untuk bisa digunakan jamaah,” terangnya.

Untuk mengurangi kepadatan jemaah di masjid, kata dia, akan dilakukan pembagian tempat sholat. Yakni sebagian jamaah akan dipindahkan untuk melakukan shalat di gedung sekolah yang ada di desa Laha.
“Itu untuk mengurangi jumlah jamaah di masjid, agar tidak padat. Kami akan bagi tempat shalat Idul Fitri. Sebagian kami arahkan ke gedung sekolah yang ada di Desa Laha. Kami juga sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait prokes yang harus diikuti di masjid,” tandasnya.

Sejauh ini, lanjut dia, setiap aturan prokes yang diterapkan bisa dipatuhi masyarakat Desa Laha. Sehingga diharapkan, berbagai upaya yang dilakukan bisa menekan angka penyebaran Covid-19 setelah lebaran berakhir.

“Sejauh ini setiap peraturan prokes sudah mendapat persetujuan dari masyarakat. Jadi saya yakin warga akan taat. Saya berharap dengan upaya penanganan yang dilakukan dan dipatuhi ini bisa menjauhkan kita semua dari Covid-19. Dan kita bisa tetap menjalankan Idul Fitri dengan aman,” harapnya. (BKA-1)

Comment