by

Laha Siap Kembangkan Bank Sampah

AMBON-BKA, Dorong perekonomian di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Negeri Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon siap mengembangkan Bank Sampah kepada masyarakat.

Sekretaris Negeri Laha, Fahmi Mewar mengatakan, bank sampah tersebut nantinya akan menjadi sumber penghasilan bagi warga. Yakni berbagai cara akan dilakukan pihaknya, untuk mengajarkan warga bagaimana mengolah sampah menjadi barang kerajinan.

“Daripada sampahnya dibuang sembarangan apalagi dibakar, mending dijadikan barang kerajinan. Membakar sampah atau membuang sampah itu sama saja dengan kita membuang uang,” terang Fahmi, saat ditemui media ini, Jumat (13/8).

Diakuinya, pemerintah negeri akan bekerjasama dengan dengan pihak-pihak terkait untuk melatih warga bagaimana mengolah setiap limbah sampah yang ada di lingkungan. Sehingga bisa menjadi barang kerajinan yang siap dijual.

“Itukan bisa dijadikan pupuk kompos, kemudian juga barang daur ulang jadi kerajinan yang unik. Semua itu bisa dilakukan,” ucapnya.

Selain dapat menghasilkan uang, lanjut Fahmi, Bank Sampah juga mempunyai dampak positif. Dimana lingkungan jadi lebih bersih, nyaman, dan indah.

“Kita sempat mendapat bantuan VSR Tosa dari pihak PLN. Dan kita akan berusaha untuk menambah lagi agar dapat menjangkau dusun-dusun yang perlu alat tersebut,” pungkasnya (BKA-2)

Comment