by

Lansia Kembali Diingatkan Untuk Vaksin

Ambon, BKA- Pemerintah Desa Laha, Kecamatan Teluk Ambon, kembali mengingatkan warga lanjut usia (lansia) untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19. Sikap tegas ini ditujukan kepada warga lansia yang sebelumnya menolak untuk divaksin.


Sekertaris Desa Laha, Fahmi Mewar mengaku, banyak warga lansia di lingkungannya yang sebelumnya tidak mau menerima penyuntikan vaksin Covid-19 yang diprogramkan pemerintah desa. Sehingga pihaknya mengambil keputusan tegas dengan mengingatkan kembali para lansia untuk mau divaksin.

“Banyak lansia yang tidak datang untuk divaksin. Ini membuat kami berpikir untuk segera mengambil sikap tegas. Bukan memaksa hanya saja ini merupakan anjuran pemerintah yang harus kita patuhi,” tandas Fahmy, saat dihubungi koran ini, Sabtu (16/3)
Dikatakan, sikap tersebut yang diambil, yaitu segala pengurusan dikantor Desa Laha harus menyertakan sertifikat vaksin. Aturan ini bahkan mulai diberlakukan Senin (29/3) hari ini, bagi setiap keluarga yang memiliki lansia.

“Kami akan berlakukan peraturan, bahwa setiap pengurusan di kantor desa harus membawa serta sertifikat vaksin. Ini berlaku bagi yang dalam keluarga ada lansianya. Mulai Senin ini (hari ini) kami sudah terapkan,” ujar Fahmy.
Ia menjelaskan, sebelumnya pemerintah desa sudah melakukan berbagai upaya agar lansia mau divaksin. Mulai dari sosialisasi vaksin hingga pendekatan tatap muka RT dengan lansia yang ada.

“Padahal kami sudah lakukan berbagai upaya agar lansia mau divaksin. Mulai dari sosialisasi bahkan sampai RT sudah tatap muka pribadi dengan lansia. Tapi tetap saja tidak ada kerja sama dari lansia,” ucapnya.
Berdasarkan data keseluruhan lansia yang ada, lanjut dia, berjumlah 151 orang. Dan yang sudah divaksin baru berjumlah 20 orang. Hal ini membuktikan bahwa lansia di Desa Laha masih belum siap untuk menerima vaksinasi untuk pencegahan Covid-19.

Dia berharap, dengan sikap tegas yang diambil, warga lansia mau untuk mengikuti vaksin sesuai dengan anjuran pemerintah.
“Sikap tegas ini saya ambil karena, semua ini merupakan program pemerintah yang harus kita ikuti. Semoga saja dengan peraturan yang ada, lansia bisa dan mau untuk divaksin,” tutupnya. (BKA-1)

Comment