by

Lansia PSTW Passo Segera Divaksin

Ambon, BKA- Tahap II progam vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia (lansia) di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Ina Kaka, kawasan Negeri Passo, Kecamatan Baguala, Ambon segera disuntik vaksin Covid-19. Ini sesuai Surat Edaran Menteri Kesehatan (Menkes) pada vaksinasi tahap II, guna cegah penularan Covid-19.

“Mungkin dalam minggu ini, kita akan mulai berikan vaksin Covid-19 kepada lansia di PTSW Ina Kaka, Passo,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Wendy Pelupessy, kepada wartawan, Selasa (2/3).

Dijelaskan, Rabu hari ini, pihaknya akan memulai menjalankan program vaksinasi tersebut di Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. “Kecamatan Sirimau ada 14 Pos. Itu terdiri dari masing-masing kelurahan dan negeri,” ujarnya.
Kata dia, secara keseluruhan, di Kota Ambon ada 50 Pos yang akan menjadi lokasi vaksinasi Covid-19. “Karena di tiap desa, kelurahan dan negeri ada masing-masing satu pos. Jadi nantinya ada 50 pos untuk kegiatan vaksinasi lansia,” bebernya.

Menurut Wendy, 50 Pos tersebut merupakan tambahan. Yang mana sebelumnya hanya ada 29 Fasilitas Kesehatan yang ditetapkan sebagai lokasi vaksinasi Covid-19. “Kita tambah pos. Karena jika puskesmas dan rumah sakit hanya ada 29. Yang terdiri dari 22 puskesmas,” terang dia.

Lanjut dia, vaksinasi di kecamatan Sirimau akan berlangsung selama tiga hari. Setelah itu, lanjut ke kecamatan Nusaniwe dengan waktu yang sama. “Kecamatan Baguala akan digabungkan dengan Kecamatan Teluk Ambon, yang mana vaksinasi akan dilakukan selama 2 hari,” sebutnya.

Disinggung terkait jumlah lansia di PTSW Ina Kaka, Passo, sambung Wendy, tercatat 51 orang. Tapi belum tahu berapa banyak yang nantinya divaksin. Sebab terkait vaksinasi, tergantung hasil skrining. (IAN)

Comment