by

Lansia Tak Bisa Jalan Akan Divaksin di Rumah

Demi menuntaskan capaian vaksinasi kepada warga lanjut usia (lansia), Dinas Kesehatan Kota Ambon lewat petugas puskesmas akan mendatangi rumah-rumah lansia yang tidak bisa berjalan untuk melakukan penyuntikan vaksin Covid-19.

“Pelaksanaan vaksinasi di rumah kepada Lansia yang dilakukan oleh puskesmas, sebagai langkah meningkatkan capaian vaksinasi lansia,” sebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, kepada wartawan, Jumat (4/6).

Menurutnya, vaksinasi di rumah terhadap par alansia itu, sudah berjalan sejak tanggal 29 Mei 2021 lalu. Bahkan pihaknya telah melaksanakan vaksinasi di RT 003, RT 004/RW 005, tepatnya di Sektor Siloam dan Tiberias Jemaat GPM Nehemia Benteng.

“Kebanyakan lansia yang dilayani adalah mereka tidak dapat mengunjungi puskesmas atau lokasi vaksinasi massal, karena faktor usia. Lansia merupakan salah satu kelompok prioritas penerima vaksin,” terangnya.

Dijelaskan, hingga saat ini lansia yang tervaksinasi di kota Ambon berjumlah 9.345 orang. Dengan presentasi vaksinasi mencapai 41,47 persen. “Dengan langkah yang dilakukan puskesmas ini, maka kita optimis presentasi vaksinasi untuk lansia terus meningkat,” ucapnya.

Wendy juga mengaku, pada Maret 2021 lalu, Presiden RI Joko Widodo sempat mengunjungi Kota Ambon untuk memantau secara langsung pelaksanaan vaksinasi massal bagi lansia. Setelah itu, Bulan April, Kota Ambon diapresiasi oleh Pemerintah Pusat karena masuk dalam 20 Kabupaten/kota di Indonesia dengan tingkat capaian vaksinasi lansia diatas 25 persen.

“Saat itu capaian vaksinasi lansia kota Ambon capai angka 34,65 persen. Apresisasi itu menjadi motivasi bagi Dinkes Kota Ambon melalui seluruh Puskesmas yang ada, untuk melaksanakan berbagai inovasi. Dalam rangka meningkatkan capaian vaksinasi lansia,” tutupnya. (IAN)

Comment