by

Lapak Pasar Mardika Mulai Dibongkar

Sempat tertunda beberapa kali, akhirnya Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mulai mengambil langkah tegas untuk mewujudkan program revitalisasi Pasar Mardika.

Sejumlah pedagang yang menolak membongkar lapaknya untuk direlokasi pada lokasi pasar yang telah ditentukan, dipaksa mengikuti kebijakan pemerintah.

Pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon yang dikawal Anggota TNI, Polri dan Sat Pol-PP Kota Ambon, melakukan pembongkaran lapak menggunkan eksavator.

Memang proses pembongkaran lapak yang dilakukan , Selasa (22/9), belum secara keseluruhan. Sehingga masih ada sebagian pedagang yang memanfaatkan waktu yang tersisa untuk berjualan, sambil menunggu giliran lapak mereka dibongkar.

Kepala Disperindag Kota Ambon, Pieter Leuwol menjeleskan, pembongkaran tersebut bersifat penindakan kepada para pedagang yang tidak terima direlokasi sementara pada tiga pasar yang disediakan Pemkot Ambon.

Hal ini dilakukan, katanya, sebagai bagian dari upaya Pemkot Ambon untuk secepatnya merevitalisasi Pasar Mardika sebagai pasar rakyat yang modern.

“Sudah beberapa kali berikan sosialisasi maupun himbauan, agar bisa membereskan barang-barang jualan. Namun masih ada sejumlah para pedagang yang bersikeras tidak mau direlokasi. Padahal bongkar ini, bukan berarti kita habis itu biarkan mereka begitu saja. Itu tidak. Kami sudah sediakan semua untuk mereka. Kita sudah berikan undi, untuk mereka tempati kios-kios yang sudah disediakan,” tuturnya.

Terkait aksi penggusuran itu, lanjut Leuwol, mengatakan, akan diselesaikan dalam kurung waktu dua sampai tiga hari, maka seluruh lapak yang ada di Pasar Mardika seluruhnya sudah dibongkar.

Pembongkaran itu dilakukan, katanya, bukan untuk kepentingan Pemkot Ambon, namun untuk kebaikan seluruh masyarakat Kota Ambon, terutma para pedagang.

Dia berharap, dengan aksi hari pertama itu dapat membuat para pedagang menjadi sadar, sehingga bisa membongkar sendiri lapak mereka.

“Diharapkan seluruh masyarakat bisa bekerjasama dengan pemkot untuk kemajuan Kota bertajuk Manise ini,” pungkasnya. (BKA-1)

Comment