by

Lapas Ambon Kembali Bebaskan 1 Napi

beritakotaambon.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon, kembali mengeluarkan 1 orang narapidana (napi) yang telah memenuhi persyaratan, baik administratif maupun substantif untuk menjalani program asimilasi rumah, Senin (23/08).

Lewat rilisnya, Kepala Seksi Bimbingan Narapidana Anak didik Lapas Ambon, Meky Patty menyebutkan, dasar dari pengeluaran narapidana itu berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) RI nomor 24 tahun 2021, sebagai pencegahan penularan Covid-19, khususnya di lingkungan Pemasyarakatan.

Sebelum proses pengeluaran, telah diberikan arahan oleh Kepala Kasi Binadik yang menyampaikan tentang ketentuan yang harus dilakukan para narapidana, selama menjalani program asimilasi, larangan yang tidak boleh dilakukan dan tata cara pelaporan selama menjalani asimilasi rumah.

Baca juga:
Kemenkumham Maluku Evaluasi Persiapan Penilaian WBK

“Saya ucapkan selamat kembali bersama keluarga, anda belum dinyatakan bebas namun hanya menjalani pidana di rumah, dalam rangka mencegah penyebaran covid-19 di Lapas. Tetap patuhi protokol kesehatan, ikuti ketentuan yang berlaku dan apabila melanggar ketentuan yang berlaku termasuk melakukan tindak pidana lagi, maka kami akan melakukan pencabutan Surat Keputusan Asimilasi Rumah dan kalian akan masuk Lapas kembali,” tandas Kasi Binadik.

Sekedar tahu, hingga kini jumlah narapidana Lapas Ambon sebanyak 438 orang, sedangkan yang telah menjalani program asimilasi dari rumah berdasarkan Permenkumham nomor 24 tahun 2021 sebanyak 41 orang. (UPE)

Comment