by

Lapas Ambon Lakukan Rolling Gembok

Cegah Gangguan Kamtib

AMBON-BKA, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon, melalui jajaran keamanan dan ketertiban (kamtib) melakukan perawatan dan rolling gembok kamar hunian narapidana, Rabu (28/7).

Giat insidentil tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya melakukan deteksi dini, guna mencegah terjadinya gangguan kamtib di Lapas Ambon.

Baca: Kemenkumham Maluku Ikut Gladi Kumham Peduli

Kepala Subseksi Pelaporan dan Tata Tertib, Abdul Rahim, selaku Plh Kepala Seksi Administrasi Kamtib mengatakan, ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk mencegah gangguan kamtib di Lapas. “Tujuan dari kegiatan ini untuk memastikan tidak adanya gembok yang rusak atau sudah tidak layak pakai, dan menghindari upaya duplikasi kunci gembok oleh narapidana,” ucap Abdul.

Selain rolling gembok, lanjut Abdul, dilakukan pula pemeriksaan dan pembersihan kunci dan gembok blok hunian, kunci dan gembok petugas pintu utama, serta pos pengamanan.

Kepala Lapas Ambon, Saiful Sahri juga menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu strategi keamanan, untuk mencegah gangguan kamtib. Sebagaimana komitmen bersama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang dituangkan dalam Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju, yaitu deteksi dini, berantas narkoba dan sinergi.

“Gangguan kamtib merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi di lingkungan Pemasyarakatan. Hal itu tentunya menjadi perhatian, khususnya di Lapas Ambon,” pungkasnya. (UPE)

Comment