by

Lapas Ambon Maksimalkan Pengamanan

AMBON-BKA, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon melalui jajarannya, terus memaksimalkan pengamanan. Salah satunya lewat pengontrolan atau pengecekan kondisi fisik branggang, guna meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) di Lapas.

Lewat rilisnya kepada Koran ini, Sabtu (7/8), Kepala Subseksi Pelaporan dan Tata Tertib, Abdul Rahim, selaku Plh Kepala Seksi Administrasi Kamtib mengatakan, dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Lapas, pengawasan dan pengontrolan harus terus dilakukan.

“Upaya melakukan deteksi dini gangguan kamtib, salah satunya dengan rutin melakukan kontrol baik ke dalam blok hunian maupun area branggang,” terang Abdul.

Baca juga: Kakanwil Tinjau Pembangunan Lapas Geser

Ia menjelaskan, kegiatan pengontrolan merupakan tindak lanjut dan langkah percepatan deteksi dini di Lapas. Guna mengantisipasi gangguan kamtib sesuai arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan, bahwa salah satu dari Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju adalah deteksi dini.

“Selain melakukan kontrol dan pengecekan kondisi branggang, kami juga mengecek sarana pendukung pengamanan pada area pos atas serta kebersihan sekitar area pos. Untuk memastikan kenyamanan bagi petugas saat bertugas,” tambah Abdul.

Sementara itu, Kepala Lapas Ambon, Saiful Sahri menjelaskan, dalam menjaga keamanan di Lapas, kontrol menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Hal penting itu merupakan pengawasan dan pengontrolan rutin oleh setiap petugas Pemasyarakatan.

“Dalam melakukan pengontrolan, setiap petugas harus benar-benar memastikan bahwa keadaan aman dan kondusif. Kemudian itu dilaporkan secara berkala kepada atasan langsung,” tutup Saiful. (UPE)

Comment