by

Lapas Banda Latih WBP Buat Batako

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Banda Naira, Kabupaten Maluku Tengah, gencar tingkatkan pembinaan kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), salah satunya dengan melaksanakan pelatihan kerja pembuatan batako.

Kegiatan ini diawasi langsung oleh Kepala Sub Seksi Pembinaan, Rustam Kasoor dan Kepala Sub Seksi Keamanan dan Ketertiban, Amier Azan bersama Staf Pembinaan, Kamis (1/7).

Lewat rilisnya kepada Koran ini, Jumat (2/7), Rustam Kasoor mengatakan, pembinaan kemandirian bagi WBP, telah tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 31 tahun 1999 tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan Pasal 2 dan 3, antara lain tentang program pembinaan dan pembimbingan kemandirian serta keterampilan kerja dan latihan kerja.

Adapun tujuan Pemasyarakatan bagi WBP ketika nantinya mereka bebas dan kembali berada di lingkungan masyarakat. Yaitu hidup secara wajar sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab, serta diterima kembali oleh lingkungan masyarakat. Maka pembinaan kemandirian ini sangat berdampak baik bagi WBP kedepannya, terang Rustam.

Menurutnya, pelatihan kemandirian merupakan fungsi pembinaan yang efektif bagi WBP. Hal iti untuk mewujudkan fungsi pembinaan yang efektif bagi WBP selama berada di dalam Lapas.

Kami akan terus melakukan pelatihan-pelatihan kerja bagi WBP, demi mendorong kemampuan dan keterampilan mereka, tandasnya.

Dijelaskan, dengan adanya pelatihan pembuatan batako itu, WBP akan memiliki keterampilan dan kecakapan sebagai bekal yang baik setelah bebas dari Lapas nantinya.

Sementara itu, Kepala Lapas (Kalapas) Kelas III Banda Naira, Hamdani menambahkan, pembinaan kemandirian di Lapas Banda dilaksanakan secara terprogram dan terencana sesuai dengan dukungan sarana dan prasaran.

Maka Kami akan terus Berbenah dan mendukung penuh kegiatan-kegiatan kemandirian yang dilakukan bagi WBP, pungkas Hamdani. (UPE)

Comment