by

Lapas Namlea Minta Tambahan Blok

Ambon, BKA- Over kapasitas pada penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), menjadi masalah utama pada Lapas Kelas III Namlea, Kabupaten Buru saat ini. Masalah ini kerap memicu persoalan baru yang berpotensi menelan korban jiwa, seperti kericuhan dan lainnya, sehingga perlu penambahan blok bangunan.

Kalapas Kelas III Namlea, Ilham mengatakan, saat ini Lapas Namlea membutuhkan pembangunan blok baru untuk Warga Binaan Pemasyarakat (WBP) pada Lapas kelas III Namlea. Dimana bloknya yang sudah masuk zona kuning, karena over kapasitas.

“Sekarang ini yang sangat mendesak dibutuhkan ini termasuk sarana persarana bangunan. Kebetulan sekarang kami sudah over kapasitas ini. Sebenarnya kan 75 orang, sekarang sudah 90 orang lebih. Jadi perlu ada tambahan bangunan untuk blok kuning warga binaan,” kata Ilham, kepada BeritaKota Ambon, Rabu (27/1).

Selain itu, kata dia, juga dibutuhkan adanya penambahan fasilitas penunjang kerja para pewagai Lapas Kelas III Namlea, seperti pengadaan komputer baru. “Yang kedua menyangkut ATK, kursi, meja dan komputer itu juga minim sekali. Gimana pun kalau SDM nya tersedia kalau tidak didukung oleh sarana perasana kan sama juga kan,” tuturnya.

Ia berharap, di tahun 2021 ini ada perhatihan khusus kepada Lapas Namlea dari Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Provinsi Maluku, maupun Kemenkumham RI.
“Jadi kami mohon kepada pimpinan kami, mungkin bisa memperhatikan kami di Lapas Kelas III Namlea,” harap Ilham. (MSR)

Comment