by

Lapas Namlea Panen Jagung

Ambon, BKA- Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Namlea, Kebupaten Buru melakukan panen jagung pulut, Sabtu (26/12). Lahan yang digunakan untuk penanaman jagung tersebut dulunya merupakan semak-semak.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas III Namlea, Ilham mengungkapkan, hasil panen tersebut akan dijual oleh warga binaan dalam bentuk yang sudah masak maupun yang masih mentah. Jagung yang dipanen itu ditanam langsung oleh warga binaan Lapas Namlea.

“Iya, ini panen jagung pulut, setelah itu satu minggu kemudian ada lagi, ada panen. Jadi panennya dilakukan secara bertahap, ada lima tahap semua. Kalau yang sudah masa itu 5 buah 10 ribu. Dan untuk yang mentah, 6 buah 10 ribu dijual ke masyarakat yang datang beli di galeri depan Lapas,” kata Ilham, saat dikonfirmasi koran ini, Senin (28/12).

Menurut dia, warga binaan diberikan pembinaan kepribadian dan kemandirian dalam keterampilan serta keimanan dalam beragama. Hal tersebut telah dilakukan oleh Lapas Kelas III Namlea, yang berada di kawasan Desa Jikumerasa, Kecamatan Liliali.

“Tanaman ini (jagung) hasil dari produksi warga binaan, itu dalam bentuk pembinaan bagi mereka yang telah memenuhi persyaratan asmilasi dua pertiga. Dimana hukumannya bagi mereka yang mendapat asmilasi luar,” ungkapnya.

Ia menambahkan, hasil dari penjualan jagung akan dibagi tiga, salah satu pembayaran pajak Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Hasil penjualannya dibagi, sebagian untuk warga binaan itu sendiri, sebagian untuk pajak PNBP, dan sebagian untuk biaya operasional produksi ulang. Seperti beli bibit, beli pupuk, beli semprotan hama. jadi dibagi tiga,” terangnya.

“Syukur alhamdulillah mereka yang ada ini mereka sudah ada tabungannya mereka itu, gara-gara produksi pertanian ini. Jadi Insya Allah kalau suatu saat dia bebas, dia sudah bisa bawa pulang uang buat keluarga,” ujar Ilham.

Selain jagung, lanjut dia, masih banyak jenis pangan yang ditanam oleh warga binaan Lapas Namlea. “Disamping juga ada tanaman lain, seperti terong, semangka, bayam, tomat, ada juga ubi jalar ada beberapa macam tanaman yang ditanam di sini,” pungkasnya. (MSR)

Comment