by

Lapas Namlea Rutin Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Namlea, Kabupaten Buru rutin melakukan penyemprotan cairan disinfektan, guna menghindari penyebaran Covid-19. Penyemprotan ini dilakukan BPBD Kabupaten Buru, ke seluruh ruangan di dalam Lapas Kelas III Namlea, Sabtu (17/7).

Kepala Lapas Kelas III Namlea, Ilham mengatakan, kegiatan ini guna memutus dan membersihkan virus yang menempel pada benda-benda dan fasilitas di dalam Lapas, sehingga dilakukan penyemprotan cairan disinfektan.

“Penyemprotan disinfektan hari ini (kemarin) merupakan penyemprotan rutin yang sebelumnya telah diadakan penyemprotan-penyemprotan ke seluruh ruangan kantor dan blok atau kamar hunian,” tutur Ilham.

Menurut Ilham, penyemprotan ini tidak dilakukan oleh dinas lain, hanya dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang dihubungi untuk membantu Lapas Kelas III Namlea, dalam pencegahan virus Corona.

“Sudah dua kali untuk tahun 2021, dan ini kali kedua. Setiap tiga bulan sekali melakukan penyemprotan disinfektan di lapas, dan 2020 dua kali juga penyemprotan,” ujarnya.

Dia berharap, dengan adanya penyemprotan disinfektan itu, virus tidak dapat berkembang sehingga petugas Lapas Kelas III Namlea dapat beraktivitas seperti biasanya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Besar harapan kami agar warga binaan kami kesehatan lebih baik, lebih bermutu tidak tertular dengan penyakit dari luar seperti virus Corona,” harapnya.

Selain penyemprotan disinfektan, lanjut dia, pihaknya juga telah melakukan vaksinasi terhadap pegawai dan warga binaan. “Vaksin sudah dilakukan tanggal 23 Juni untuk tahap pertama dan insya Allah tahap kedua akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juli, untuk warga binaan,” sebut dia.

Sementara untuk para pegawai, sambungnya, telah dilakukan pada bulan Maret 2021 lalu untuk tahap awalnya. Dan bulan April lalu tahap kedua atau penyuntikan dosis kedua vaksin Covid-19.

“Pegawainya sudah duluan dari dua bulan yang lalu, dan pegawai vaksinnya di Puskesmas Sawa. Sementara untuk warga binaan, kami undang dari pihak puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten Buru maupun dari TNI Polri, bersama-sama kita lakukan vaksin terhadap warga binaan di dalam Lapas,” kuncinya. (MSR)

Comment