by

Lapas Saumlaki Kembali Bebaskan 3 WBP

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) kembali membebaskan 3 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Diantaranya MB (37), RT (33) dan YT (29), Jumat, (16/7).

Hal ini dilakukan setelah ketiganya mendapatkan hak Pembebasan Bersayarat (PB) dan asimilasi di rumah.

“Pembebasan ketiga WBP tersebut telah memenuhi syarat administrasi, berkelakuan baik, tidak termasuk register F, dan aktif melaksanakan program pembinaan selama di Lapas. MT mendapatkan PB, sementara RT dan YT mendapatkan asimilasi di rumah,” terang Kepala Sub SEksi Pembinaan Lapas Saumlaki, Melkianus Jempormasse, lewat rilisnya kepada Koran ini.

Pemberian asimilasi di rumah itu, kata dia, adalah yang ketiga kalinya dilakukan Lapas Saumlaki, semenjak dikeluarkannya Permenkumham nomor 24 tahun 2021 tentang Perubahan Atas Permenkumham nomor 32 tahun 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat (PB), Cuti Menjelang Bebas (CMB) dan Cuti Bersyarat (CB) Bagi Narapidana dan Anak dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan penyebaran Covid-19, pada Lembaga Pemasyarakatan maupun Rumah Tahanan Negara (Rutan).

Melki juga berharap, ketiganya tidak mengulangi kesalahan yang sebelumnya dilakukan dan membuktikan kepada masyarakat, bahwa benar-benar telah berubah menjadi lebih baik serta bermanfaat bagi negara dan masyarakat. “Jangan pernah kembali karena tindak pidana. Tunjukan kalau benar-benar sudah dibina,” pesan Melki.

Kepala Lapas Saumlaki, David Lekatompessy juga menegaskan, pemberian hak dan pelayanan di Lapas Saumlaki tidak dipungut biaya atau gratis. “Saya tegaskan kembali semua bentuk pelayanan disini gratis. Kalau ada yang berupaya memanfaatkan untuk pungutan liar (pungli) akan saya tindak sesuai aturan yang berlaku,” tegas David. (UPE)

Comment