by

Lateri Jadi Pusat Razia Yustisi

Ambon, BKA- Pemerintah Kota (Pemkot) melalui tim Gustu Covid-19 kembali melaksanakan Operasi Yustisi. Kali ini, razia protokol kesehatan ini dipusatkan di kawasan Lateri, kecamatan Baguala.

Bukan hanya operasi saja, tim Gugus Tugas (Gustu) Covid-19 Kota Ambon ini juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat, untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan, ketika beraktivitas di luar rumah.

Sebelumnya operasi tersebut, dilakukan di kawasan Passo, Waihaong dan Batumerah. Ini dilakukan, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Musik Dunia ini.

“Seluruh desa, negeri dan kelurahan di Kota Ambon, memiliki tingkat kerawan penyebaran Covid-19. Sehingga perlu ada sentuhan, terutama dalam mentaati protokol kesehatan, ” kata Koordinator Fasilitas Umum, Gustu Covid-19 Ambon, Richard Luhukay kepada wartawan di Balai Kota, Senin (19/10).

Menurut dia, Operasi Yustisi dikawasan pemukiman warga itu, guna memutus rantai dan menekan tingginya penyebaran Covid-19.

“Kita mobile, jadi hari ini di desa, negeri atau kawasan ini. Besok (hari ini) kita berpindah lagi. Dan ini dilaksanakan secara rutin selama PSBB transisi tahap VII ini,” ujarnya.

Luhukay mengaku, dalam operasi ini, pihaknya terbagi menjadi tiga tim. Dua tim untuk melaksanakan sosialisasi dan himbauan dikawasan pemukiman warga, dan satu tim untuk melaksanakan razia dan penindakan terhadap angkutan umum.

” Tiga tim. Tim sosialisasi dan himbauan yang masuk ke gang dan lorong. Kemudian satu tim untuk di jalan raya atau fokus pada angkutan umum,” papar dia.

Tiga tim dimaksud, akan bekerja sesuai dengan tugas yang diembankan. Setelah operasi selesai, seluruh tim akan kembali berkumpul di satu titik yang telah ditentukan.

Operasi Yustisi dengan menyasar kawasan pemukiman, sebut Luhukay, sangat efektif. Sebab dalam beberapa hari terakhir, tingkat kesembuhan semakin meningkat. Sementara tingkat terkonfirmasi kian menurun.

“Disisi lain juga, tingkat kepatuhan dan taati protokol kesehatan juga kita meningkat. Dan itu terbukti jika kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol semakin baik dari waktu ke waktu,” kuncinya. (BKA-1)

Comment