by

Latupono : Pasien Covid-19 Harus Disantuni

AMBON-BKA, Pemerintah Kota Ambon lewat Satgas Covid-19, diminta untuk segera melakukan pemetaan terhadap ribuan pasien yang dinyatakan positif Corona. Agar bisa diketahui, mana masyarakat miskin yang terkonfirmasi positif untuk kemudian diberikan bantuan.

Sebab, harus ada bantuan khususnya bagi warga miskin yang terkonfirmasi positif dan diharuskan menjalani isolasi mandiri.

“Dari 2000 lebih pasien terkonfirmasi sesuai data Satgas Covid-19, harus dipetakan. Mana yang pegawai negeri, pejabat hingga pengusaha, dan mana yang warga miskin. Sehingga bisa diketahui warga miskin yang sedang menjalani isolasi mandiri ini jumlahnya berapa banyak, mereka ini yang perlu diberikan santunan oleh pemerintah,” tandas Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono, saat dihubungi wartawan, Rabu (21/7).

Sekretaris DPC Gerindra Kota Ambon ini menilai, dengan diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diperketat lewat instruksi walikota nomor 3 tahun 2021, sangat mempersulit masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dan ketika banyak masyarakat miskin yang dinyatakan terkonfirmasi positif, perlu ada perhatian serius dari pemerintah untuk bagaimana bisa memberikan sentuhan. Sehingga mereka yang sementara menjalani isolasi mandiri (isoman), tetap bertahan bersama keluarga di tengah kondisi saat ini.

“Kalau pegawai, pejabat maupun anggota DPRD yang ada, mungkin tidak masalah ketika dibatasi dengan PPKM ini. Karena tiap bulan pasti dapat gaji. Tapi bagaimana dengan masyarakat miskin yang diharuskan isolasi. Ini yang harusnya yang dipikirkan pemerintah. Minimal ada sentuhan buat mereka, agar mereka juga bisa bertahan hidup bersama keluarga,” tegasnya.

Anggota DPRD tiga periode ini menilai, mengaku, jika seluruh pasien yang terkonfirmasi diberikan santunan, maka tidak akan cukup dengan kondisi keuangan daerah saat ini.

Untuk itu, pemetaan maupun proses pendataan terhadap seluruh pasien yang dinyatakan terkonfirmasi harus dilakukan. Sehingga dapat diketahui dengan benar, mana warga miskin yang menjalani isolasi mandiri untuk diberikan sedikit bantuan dari pemerintah.

“Dengan kondisi keuangan Pemkot saat ini tentu tidak mampu. Maka itu kita minta agar ada pemetaan, untuk mengetahui mana warga yang benar-benar memiliki ekonomi lemah. Sehingga bisa diupayakan agar mereka dapat santunan saat diharuskan menjalani isoman (isolasi mandiri). Semoga ini ditindaklanjuti oleh pemerintah,” harap Latupono. (UPE).

Comment