by

Launching Bank Sampah, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Ambon, BKA- Menjadi lokasi fokus kesejahteraan masyarakat, membuat banyak berbagai kegiatan peningkatan ekonomi masyarakat. Salah satunya dengan melaunching Bank sampah Mawar lima Desa Wayame, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Sejak pagi, masyarakat datang berbondong-bondong membawa berbagai sampah yang dapat diolah untuk diserahkan kepada Bank Sampah yang baru saja diresmikan.

Kegiatan berjalan dengan lancar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Mulai dari pembentukan pengurus, penyerahan bantuan CSR oleh pihak PT. Pertamina FT Wayame, hingga pelatihan cara pengelolaan sampah yang bisa di daur ulang dan penimbangan sampah oleh masyarakat.


Mulai dari sampah plastik, kardus, hingga pecahan kaca dan seng-seng bekas semuanya dikumpul pada satu titik dan akan dikelola.

“Kita sudah bersama-sama meresmikan Bank sampah Mawar lima ini, semoga dapat dimanfaatkan dengan baik, serta dapat mengurangi sampah plastik yang saat ini sedang buming bertebaran di pesisir pantai maupun dilingkungan masyarakat sekitar. Serta secara tidak langsung dapat mengajar anak-anak bagaimana menjaga lingkungan tetap bersih dan bisa menabung,” ucap Kepala Penjabat Desa Wayame, N.A La Saleman.

Nantinya sampah yang dikumpulkan dari setiap nasabah akan dijual ke Pertamina Wayame dan hasilnya akan dibuat dalam bentuk buku tabungan

Semangat dan animo masyarakat nampak begitu luar biasa, terlihat mereka sangat antusias untuk mengumpulkan sampah-sampah baik di lingkungan sekitar maupun sampah yang ada di pesisir-pesisir pantai

“Meskipun baru di resmikan, tetapi mereka sangat optimis, bahwa bank sampah tersebut dapat menarik banyak nasabah dan menghasilkan rupiah untuk menambah kebutuhan hidup sehari-hari, serta dapat menjadi contoh bagi desa lainnya dalam memulihkan ekonomi warga mereka,” pungkasnya. ( BKA-2)

Comment